Rekomendasi Sate Klathak

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang rekomendasi Sate Klathak di Jogja yang paling enak.

Sate Klatak merupakan salah satu persiapan istimewa dari Jogja yang harus ditambahkan ke daftar kuliner Anda saat berlibur di Kota Gudeg.

Sate yang satu ini agak berbeda dari sate kebanyakan karena ditusuk dengan besi dan ketika dibakar akan terdengar clatak-clatak. Nah, mau tahu di mana Anda bisa menikmati sate klathak

Sejarah Singkat Sate Klathak Jogja

Rekomendasi Sate Klatak di jogja

Salah satu kekayaan kuliner masyarakat Indonesia adalah sate. Sedangkan sate sendiri memiliki karakteristik berbeda seperti sate kambing, sate ayam, sate Padang, sate kepiting dan sate madura.

Dari sekian banyak sate yang disebutkan di atas, ada satu sate yang cukup unik dan sate ini hanya tersedia di Yogyakarta. yaitu Sate Klatak Jogja.

Jika sate lain dimasak menggunakan berbagai bumbu, sate klatak jogja cuma diberi bumbu garam lalu dipanggang dengan memakai tusukan besi.

Sate klathak sepertinya sangat sederhana, tetapi nyatanya sate ini menjadi incaran banyak wisatawan.

Awalnya warung sate Mbah Ambyah adalah satu-satunya yang menyediakan sate Jogja klatak di Pasar Jejeran.

Banyak warga Jejeran pada waktu itu memelihara kambing hingga akhirnya Mbah Ambyah menemukan ide untuk membuat sate dari bahan dasar kambing.

Jadi dia memulai bisnisnya pada tahun 1946 di bawah pohon Mlinjo. Setelah dia meninggal, warung itu kemudian diturunkan oleh anak-anaknya selama beberapa generasi.

Sekarang warung milik Mbah Ambyah ini telah berubah menjadi pasar Jejeran, kini bisnis penjualan sate klatak jogja masih dilanjutkan oleh generasi penerus di pasar Jejeran.

Untuk mengakomodasi semakin banyaknya penggemar sate klatak, banyak warga Jejeran membuka usaha warung sate di pasar Jejeran dan di jalanan di sekitar pasar Jejeran.

Pada awalnya penamaan sate klatak ini menurut ceritanya berasal dari suara dari daging yang dibakar, karena sebelum dibakar daging tersebut ditaburi garam, ketika dibakar akan membuat bunyi yang unik (kemretek).

Ada juga kisah penamaan klatak yang berasal dari suara buah mlinjo yang jatuh di sekitar warung Mbah Ambyah.

Sate Jogja Klathak tersaji dengan irisan tomat, mentimun dan sayur kol. Tusuk sate yang digunakan cukup unik karena menggunakan batang besi sehingga daging sate dapat dimasak dengan sempurna sampai di dalamnya.

Asal usul Jogat satat klatak adalah di Pasar Jejeran, Kabupaten Bantam. Akses menuju ke tempat ini sangat mudah.

Dari terminal Giwangan ke selatan di sepanjang jalan Imogiri Timur dan Anda tiba di perempatan pasar Jejeran.

Penjual sate Klatak di pasar Jejeran biasanya mulai pukul 18:30 hingga larut malam, mereka tidak bisa menjual pada siang hari karena tempat itu biasanya digunakan untuk pedagang pasar.

Jadi untuk menjual sate, Anda harus menunggu pedagang Pasar Jejeran pulang.

Namun, jika Anda tidak bisa menunggu malam, Anda dapat mencari warung sate yang terbuka di sepanjang jalan di sekitar pasar Jejeran. Karena beberapa warung ini buka dari pagi hingga malam.

Apa Itu Sate Klathak ?

Sate Klatak adalah sate kambing dari Kabupaten Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, aktivitas membakar sate dalam pembakaran terbuka disebut “klathak”.

Sate ini sangat berbeda dari sate jenis lain, yang biasanya menggunakan garam dan lada sebagai bumbu utamanya.

Rekomendasi Sate Klathak Jogja yang wajib anda coba.

1. Sate Klathak Pak Pong Imogiri

Sate Klathak Pak Pong Imogiri

Sate Klathak Pak Pong adalah destinasi kuliner yang wajib dikunjungi di Jogja. Di sini Anda bisa mencicipi hidangan sate klatak dengan potongan daging yang besar dan empuk.

Bagi yang hanya makan di tempat itu, jangan lupa memesan tongseng dan kari untuk menemani hidangan klatak Anda.

  • Harga: Rp 23.000 / 2 tusuk.

2. Sate Klathak Mas Bari Imogiri

Sate Klathak Mas BariImogiri

Tepat di sebelah Sate Klatak Pak Pong, Sate Mas Bari adalah tujuan kuliner berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jika bungkus sate Pong tebal, sate di sini agak lebih kecil tetapi memiliki rasa lebih asin dan gurih.

  • Harga: Rp 20.000 / 2 tusuk

3. Sate Klathak Pak Jede Depok

Sate Klathak Pak Jede Depok

Berburu sate klatak di Jogja tidak menyenangkan jika Anda tidak berhenti oleh Sate Pak Jede Klatak. Hidangan satat klatak Jogja di sini memiliki daging yang lembut dan berair.

Selain itu, rasanya juga sangat enak dan sangat pas jika dicampur dengan tongseng atau kari.

Harga: Rp 20.000 – Rp 25.000.

4. Sate Mbah Momo

Mungkin sulit untuk menolak rasa lezat Sate Klatak Mbah Momo saat lapar. Setiap tusuk sate di sini terbakar cukup baik untuk mengeluarkan aroma yang menggoda.

Selain itu rasa dagingnya juga enak dan porsinya cukup memuaskan.

  • Harga: Rp 24.000.

Alamat: Jl.Imogiri Barat No.200-4, Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Sate TB

Jika biasanya sate klatak hanya dibumbui dengan garam, di sini Anda bisa memesan sate klatak dengan bumbu pedas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memesan tingkat kepedasan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jadi bagi penikmat pedas harus mencoba ini.

Harga: Rp 15.000 – Rp 35.000.

Alamat: Jl. Godean km 6,5 Sidoarum (di depan Kelurahan Sidoarum).

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang rekomendasi sate klathak Jogja. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib mencicipi makanan khas Jogja tersebut.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda berada.