Wisata Watu Amben

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Watu Amben yang ada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Watu Amben adalah salah satu objek wisata alam di Yogyakarta tepatnya terletak di daerah Gunung Kidul.

Watu Amben terletak di salah satu bukit tertinggi dari seribu Gunung Kidul, tepatnya Watu Amben terletak dekat dengan Bukit Bintang. Watu Amben adalah istilah dari Jawa.

Kata watu berarti batu dan Amben berarti sejenis tempat tidur. Watu memiliki bentuk batu besar dan rata seperti tempat tidur. Batu ini berada di tepi tebing tertanam dengan ketinggian ratusan meter.

Objek wisata bernama Watu Amben ini diklasifikasikan sebagai objek wisata baru dan juga tidak terlalu banyak wisatawan yang datang, namun keindahan yang disajikan pada Watu Amben sangat cocok untuk Anda menghilangkan kepenatan.

Watu Amben digunakan untuk menjadi tempat peristirahatan Kerajaan Mataram sembari menikmati pemandangan di bawah nya.

Sebelum Watu Amben dikenal penduduk setempat, tempat ini digunakan oleh penduduk lokal sebagai tempat istirahat ketika warga mencari rumput untuk ternak mereka.

Selain cocok untuk tempat peristirahatan, batu-batu di Watu Amben umumnya digunakan untuk melihat pemandangan yang masih hijau dan membuat kepenatan hilang.

Pemandangan di Watu Amben adalah pemandangan kota Yogyakarta, ketika iklim di Yogyakarta sedang cerah Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan di Yogyakarta, yaitu Gunung Merbabu, Merapi dan juga Sumbing.

Anda juga dapat melihat matahari terbenam di Watu Amben. Matahari terbenam terlihat di Watu Amben sangat indah, suasana di sana juga sangat segar dan sejuk.

Anda juga dapat menjadikan matahari terbenam ini sebagai tempat foto. Ketika Anda mengunjungi Watu Amben, di Watu Amben ada beberapa gazebo yang dapat Anda gunakan.

Di gazebo Anda dapat melihat pemandangan yang sangat sejuk dan segar sambil menikmati makanan di warung-warung di sekitar Watu Amben. Adegan ini bisa membuat Anda lelah.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Watu Amben adalah pada malam hari.

Pada malam hari di Watu Amben, ia menghadirkan keindahan pemandangan lampu-lampu warga Yogyakarta yang terlihat sangat indah dan mempesona ketika melihat pemandangan dari ketinggian.

Lokasi Watu Amben

Wisata Watu Amben

Lokasi wisata alam Watu Amben sangat terjangkau dan dapat ditemukan, karena tur ini sering dilewati ketika Anda dalam perjalanan ke Gunung Kidul.

Tur ini terletak tidak jauh dari Bukit Bintang, tepatnya di Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandansari

Rute ke Watu Amben

Rute ke Watu Amben

Rute menuju objek wisata Watu Amben cukup mudah dijangkau dan dijangkau karena wisata ini sama dengan jalan menuju wisata Bukit Bintang. Jalan menuju Watu Amben juga layak dilewati.

Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta 0 km ke arah timur melewati Jl Panembahan Senopati, maka luruslah melewati Jl Kusumanegara lurus hingga Anda bertemu persimpangan.

Belok ke selatan melewati Jalan Yellow Gedong, hingga perempatan berbelok ke timur melewati Jalan Wonosari lurus ke depan sampai melewati lurus ke atas melewati jalan jling dlingo patuk.

Ikuti jalan maka anda akan melihat tanda mengatakan Watu Amben. Jarak tempuh dari pusat kota Jogja ke km objek wisata alam Watu Amben tidak terlalu jauh.

Yaitu sekitar 18,3 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan roda dua dari pusat kota Jogja ke Watu Amben adalah sekitar 47 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Samas

Fasilitas Watu Amben

Fasilitas Watu Amben

Fasilitas yang ada di wisata Watu Amben sekarang cukup memadai. Fasilitas ini dapat membuat wisatawan yang berkunjung dapat merasa nyaman, fasilitas tersebut meliputi:

  • Ada tempat parkir
  • Kamar Mandi
  • Gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan di Watu Amben
  • Ada beberapa warung makanan dan minuman di sekitar Watu Amben.

Harga Tiket Masuk dan Tempat Parkir Watu Amben

Harga Tiket Masuk dan Tempat Parkir Watu Amben

Harga tiket masuk untuk wisata alam Watu Amben sangat terjangkau dan murah. Wisatawan yang mengunjungi Watu Amben tidak dikenai biaya.

Dengan begitu Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam dan suasana malam kota Yogyakarta di atas ketinggian.

Meskipun gratis atau gratis, Anda harus membayar layanan parkir untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi. Harga parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp. 2000 dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Watu Amben Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Watu Amben Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.