Wisata Waduk Sermo

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Waduk Sermo yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain terkenal sebagai kota bagi pelajar, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota untuk wisata.

Kota yang dikenal dengan Bakpia-nya tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, ini karena Jogja memiliki banyak tujuan wisata yang menarik dan beragam.

Dan salah satu tujuan wisata andalan di Jogja selain budaya adalah wisata alam.

Berbicara tentang wisata alam, ada wisata alam di kawasan Kulon Progo yang memiliki beragam keindahan, dan wisata alam yang dimaksud adalah Waduk Sermo.

Waduk Sermo adalah waduk yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Waduk seluas 157 hektar dibangun mulai tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Indonesia kedua pada waktu itu, Presiden Soeharto pada 20 November 1996.

Waduk ini dibuat dengan cara membendung Kali Ngrancah pada Desa Hargowilis, di Kecamatan Kokap, pembuatan waduk ini juga menyebabkan pemerintah melaksanakan program transmigrasi, sebanyak 100 keluarga dipindahkan ke Tak Toi Bengkulu.

Tujuan pembangunan waduk ini adalah untuk memasok sistem irigasi di Kalibawang yang mempunyai luas 7.152 Hektar, selain digunakan untuk air irigasi dari waduk ini juga digunakan oleh PDAM untuk air minum.

Bagi mereka yang tidak tahu ini mungkin terdengar agak aneh, itu karena air di Waduk Sermo disebut-sebut sebagai bendungan kualitas air terbaik sehingga setelah proses yang lama air tersebut dapat digunakan untuk penggunaan sehari-hari.

Tentu saja pembangunan waduk ini juga memakan biaya banyak, biaya yang dikeluarkan sebesar 22 miliar.

Selain irigasi waduk ini juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pelatihan dan lomba dayung, berbagai jenis kompetisi dayung kelas nasional dan internasional telah diadakan di waduk ini.

Tidak hanya untuk pelatihan dan lomba dayung, akhir-akhir ini Waduk Sermo sering digunakan untuk pelatihan Akademi Angkatan Udara (AAU) serta untuk objek diskusi akademik tentang Evaluasi Geologi Teknis dan kerentanan pergerakan tanah di sekitar waduk ini.

Selain apa yang kami sebutkan sebelumnya, waduk ini juga digunakan sebagai tujuan wisata karena memiliki keindahan alam yang memukau.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini, yang pertama adalah mengambil foto di tempat foto yang menarik, ada berbagai tempat foto yang menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung di tempat ini.

Selain itu, untuk semua anda yang suka memancing, tidak ada salahnya mencoba berburu ikan “Setan Merah”, yaitu ikan predator di waduk ini, Ikan Merah adalah primadona pemancing di Waduk Sermo.

Aktivitas lain yang Anda semua dapat lakukan di Sermo Reservoir ada di sekitar waduk ini dengan menyewa perahu di tempat ini, selain bisa melihat keindahan waduk ini.

Anda semua akan disuguhi keindahan Menoreh Hills. Keindahan lain dari tempat itu adalah di sore hari, ketika di sore hari dari tempat ini, Anda semua bisa melihat keindahan matahari yang mulai menyembunyikan sinarnya.

Sejarah Waduk Sermo

Wisata Waduk Sermo

Waduk Sermo adalah waduk yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Waduk ini dibangun mulai tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan dibangunnya waduk ini iyalah untuk memasok sistem irigasi Kalibawang yang luasnya 7.152 Hektar. Sistem irigasi ini iyalah interkoneksi beberapa dari daerah irigasi.

Waduk Sermo dibangun dengan membendung Sungai Ngrancah di Desa Hargowilis, Distrik Kokap dengan biaya konstruksi hingga Rp 22 miliar serta selesai dalam dua tahun dan delapan bulan.

Untuk pembangunan waduk ini, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo melakukan transmigrasi massal, alias “desa bedol”.

Sebanyak 100 KK dipindahkan ke Tak Toi Bengkulu dan 7 KK dipindahkan ke Perkebunan Kelapa Sawit Riau (PIR).

Reservoir Sermo terdiri dari bendungan utama yang merupakan zona zona batuan yang diisi dengan inti kedap air.

Bagian atas bendungan memiliki ketinggian +141,60 meter dengan panjang 190,00 meter, lebar 8,00 meter, ketinggian maksimal 58,60 meter dan volume pengisian ulang 568.000 meter.

Bendungan peti dengan jenis isi batu dan selimut tahan air yang memiliki ketinggian mercusuar> 105,00 meter.

Bangunan meluap dengan tipe “ogee” tanpa pintu yang memiliki lebar genangan 26 meter, ketinggian mercusuar 136,60 meter, peredam energi tub ejeksi, dan lantai bendungan energi.

Bangunan terowongan dengan bentuk tapal kuda dengan diameter 4,2 meter yang memiliki kapasitas 179,50 meter kubik per detik, ketinggian saluran masuk 89,00 meter dan ketinggian saluran keluar 84,00 meter.

Baca Juga: Wisata Puncak Bukit Cendana

Lokasi Waduk Sermo

Lokasi Waduk Sermo

Lokasi Waduk Sermo sendiri sangat mudah dijangkau, akses jalan menuju reservoir juga cukup bagus. Lebih tepatnya, Waduk Sermo terletak di Sremo Lor, Desa Hargowilis, Distrik Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Waduk Sermo

Rute ke Waduk Sermo

Rute ke Waduk Sermo juga cukup mudah, dari pusat Yogyakarta Anda semua bisa langsung menuju jalan Wates.

Lalu ikuti saja jalan itu sampai bertemu patung kuda putih, di patung kuda putih Anda semua bisa mengambil yang benar untuk pergi ke alun-alun, dari alun-alun – silakan ikuti petunjuk untuk tiba di Waduk Sermo.

Dari pusat Yogyakarta, waduk berjarak sekitar 47 km, karena perjalanannya sendiri dari pusat kota Yogyakarta ke Waduk Sermo membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta cukup jauh, tetapi kelelahan selama perjalanan akan terbayar ketika anda semua tiba di waduk ini.

Baca Juga: Wisata Pantai Goa Cemara

Fasilitas

Fasilitas Reservoir Sermo juga cukup lengkap, di reservoir ini teman-teman semua akan menemukan beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh manajer, termasuk:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makanan
  • Sewa kapal
  • Gazebo
  • Sewa peralatan memancing + umpan

Harga Tiket dan Parkir Waduk Sermo

Harga Tiket dan Parkir Waduk Sermo

Harga tiket untuk Sermo Reservoir sangat terjangkau untuk semua orang, berikut adalah daftar harga tiket di Sermo Reservoir:

Harga tiket masuk untuk anak-anak Rp. 2.000, harga tiket masuk dewasa adalah Rp. 5.000, parkir motor Rp. 2.000, parkir mobil Rp. 3.000, parkir bus Rp. 5.000, sewa kapal Rp. 30.000 / perahu, melihat pos Rp. 10.000 / orang.

Baca Juga: Wisata Jembatan Pantai Timang

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Waduk Sermo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Waduk Sermo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.