Wisata Tebing Watu Mabur

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Tebing Watu Mabur yang ada di Yogyakarta, Wilayah Mangunan, Kabupaten Bantul.

Yogyakarta memang tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan Anda, karena di sini tersedia berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk Anda kunjungi karena memiliki eksotisme tersendiri baik wisata alam maupun budaya.

Sekarang Alodia ingin membahas tempat di daerah Mangunan, yaitu Tebing Watu Mabur.

Tempat ini benar-benar sangat istimewa bagi mereka yang suka selfie, karena menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa dalam bentuk seribu gunung di wilayah Gunung Kidul di sisi timur yang merupakan latar belakang utama untuk foto.

Sedangkan untuk bagian bawahnya terdapat teras sawah berupa sawah yang merupakan ciri khas daerah pegunungan di Indonesia dan sungai Meyo yang berkelok-kelok dan airnya berwarna kehijauan.

Daerah Tebing Watu Mabur tidak lama dikenal oleh masyarakat. Ini memang terjadi karena di masa lalu potensi wisata di daerah Mangunan belum dikembangkan sedemikian rupa.

Sebelumnya, Area Tebing Watu Mabur adalah area yang digunakan untuk kemah. Area berkemah itu sendiri cukup luas untuk menampung puluhan tenda besar.

Hingga saat ini area berkemah masih ada, tetapi jarang digunakan untuk kegiatan berkemah, karena di Yogyakarta terdapat begitu banyak tempat untuk berkemah.

Mengunjungi Tebing Watu Mabur tidak lengkap jika Anda tidak mencoba beberapa tempat foto yang sekarang sangat populer. Tempat foto paling terkenal adalah jalan raya / landasan yang ujungnya menghadap ke tebing.

Jadi ketika Anda mengambil foto di tempat ini seperti Anda berada di jalan yang tak berujung.

Foto spot jalan / landasan pacu inilah yang meningkatkan perhatian publik terhadap kawasan wisata Tebing Watu Mabur.

Apalagi sekarang ada media sosial seperti Instagram yang bisa bost tempat wisata, kalau menurut orang tempatnya sangat bagus.

Tebing Watu Mabur ini memang terlihat cukup aneh namanya. Namun ternyata dibalik itu ada filosofi.

Dinamai Watu Mabur karena sebagai tebing berbatu dan di atas ketinggian, sepertinya wilayah ini berada di atas langit dan terbang di atas awan. Karena Mabur artinya terbang dan Watu adalah batu dalam bahasa Jawa.

Selain tempat jalan raya / landasan, Tebing Watu Mabur juga memiliki tempat lain yang lebih sederhana, yaitu tempat foto yang dirangkai dari bambu.

Jika Anda seorang fotografer yang hebat, maka Anda dapat membuat foto-foto indah di tempat foto ini yang dirangkai dari bambu, karena akan terlihat sangat alami.

Objek wisata Tebing Watu Mabur ini adalah wisata foto alam, sehingga ada waktu khusus yang harus Anda kunjungi.

Tempat ini sangat tepat jika Anda berkunjung di pagi hari ketika matahari datang (Sunrise), karena akan menciptakan gradasi warna yang rapi saat Anda memotret.

Tetapi pada sore hari juga bagus, karena pada saat matahari terbenam langit menjadi berubah dari kebiruan ke warna kemerahan sehingga sangat indah untuk dijadikan foto latar ketika Anda mengambil foto di Tebing Watu Mabur.

Selain menikmati keindahan seribu gunung dan sungai oyo, Anda juga bisa mengunjungi gua gajah di kawasan Tebing Watu Mabur ditemani pemandu. Dinamai gua gajah karena mulut gua cukup besar.

Jika Anda mengunjungi daerah Mangunan Bantul, maka singgah di Tebing Watu Mabur.

Lokasi Tebing Watu Mabur

Wisata Tebing Watu Mabur

Lokasi Tebing Watu Mabur terletak di kawasan wisata foto alam yang sangat terkenal di Yogyakarta, Wilayah Mangunan, Kabupaten Bantul.

Tebing Watu Mabur terletak di sebelah Bukit Pangang Kungwung yang terkenal. Jarak ke Tebing Watu Mabur dari kota Jogja sendiri sekitar 24 km.

Jarak tempuh Watu Mabur Cliff dari Kota Jogja adalah sekitar 1 jam jika Anda menggunakan mobil pribadi.

Tetapi ketika musim liburan tiba, mungkin perlu waktu lebih lama karena ada banyak wisatawan yang mengunjungi daerah Mangunan ini.

Lokasi tepatnya Tebing Watu Mabur berada di Daerah Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

Baca Juga: Wisata Pantai Kadilangu

Rute ke Tebing Watu Mabur

Rute ke Tebing Watu Mabur

Rute menuju Tebing Watu Mabur dari Kota Jogja pada dasarnya sangat mudah dijangkau karena lokasi wisata alam ini berada di daerah Mangunan yang merupakan kawasan wisata yang dikelola dengan baik.

Untuk pergi ke Tebing Watu Mabur dari kota Yogyakarta, Anda harus terlebih dahulu menuju ke selatan melewati Jalan Imogiri Timur dan terus lurus sampai pertigaan Kantor Distrik Imogiri mengambil arah kiri (timur).

Kemudian setelah itu Anda langsung jalan sampai ada belokan ke Mangunan (ikuti petunjuk).

Kemudian setelah itu jalan mulai naik dan mengikuti jalan besar sampai Anda menemukan pertigaan Puncak Mangunan Imogiri belok kanan.

Kemudian sebelum mencapai tebing Watu Mabur Anda akan melewati beberapa tempat seperti Proyek Budaya Mangunan, Gorge Tembelan, dan Sekolah Dasar Kanigoro.

Setelah itu Anda tiba di kawasan Tebing Watu Mabur.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas Tebing Watu Mabur

Fasilitas Tebing Watu Mabur

Fasilitas Tebing Watu Mabur cukup lengkap karena tempat ini telah dikembangkan dengan cukup baik oleh manajer.

Anda tidak perlu khawatir ketika ingin mengunjungi tempat wisata alam ini, karena di sini sudah ada fasilitas utama yang biasanya dibutuhkan oleh wisatawan, yaitu toilet, ruang sholat, dan warung makan.

Adapun fasilitas Tebing Watu Mabur yang lengkap meliputi:

  • Berbagai tempat foto
  • Perkemahan
  • Warung
  • Toilet
  • Mushola
  • Dewan Informasi

Harga Tiket dan Parkir Tebing Watu Mabur

Harga Tiket dan Parkir Tebing Watu Mabur

Harga tiket Tebing Watu Mabur cukup terjangkau bagi wisatawan Indonesia, karena untuk memasuki objek wisata ini Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000, – rupiah.

Sementara itu, jika Anda ingin mengambil foto di tempat-tempat foto yang menarik seperti tempat foto “jalan raya / landasan”, maka Anda hanya perlu membayar Rp. 3.000 untuk tempat foto.

Sedangkan untuk harga mobil parkir dan motor di Tebing Watu Mabur yaitu Rp 5.000, – untuk kendaraan roda empat (mobil) dan motor Rp 2.000, -.

Baca Juga: Wisata Candi Banyunibo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Tebing Watu Mabur. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Tebing Watu Mabur Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.