Wisata Tebing Gunung Gajah

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Tebing Gunung Gajah yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbicara tentang kota Yogyakarta, kota ini sangat banyak dilihat oleh wisatawan saat ini. Dari sekian banyak tujuan wisata terkenal di Yogyakarta, beberapa di antaranya adalah kabupaten Kulon Progo.

Kabupaten ini menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara, misalkan yang dilirik wisatawan adalah Waduk Sermo dan Kalibiru.

Tidak hanya itu, di kawasan kulon Progo ini terdapat wisata Tebing Gunung Gajah yang tepatnya berada di Jl. Sermo – Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tebing Gunung Gajah

Wisata Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah berada di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut dan luas sekitar 2 hektare.

Posisinya di ketinggian ini, sehingga menghadirkan lanskap hijau yang dapat menenangkan mata dan menenangkan hati.

Tur ini cukup istimewa karena memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki spot foto yang menarik dan Instagramable. Di antara objek wisata yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Spot Foto yang Menarik

Salah satu tempat paling populer di tempat ini adalah tempat foto Crescent Spot.

Posisinya di ketinggian ini dan menghadirkan pesona lanskap hijau, ditambah dengan bukit-bukit menorah dan lengkap dengan pemandangan Waduk Sermo yang luas, tepatnya terletak di tengah.

Selain tempat Foto Crescent, ada juga tempat foto Sky Bar, Top Bunga dan Love Padlock.

  • Wahana Oubound

Tur Tebing Gunung Gajah juga dilengkapi dengan wahana outbound. Di antara ini adalah Flying fox dan wahana Treetop.

Tujuan dari kendaraan Treetop ini adalah kendaraan dalam bentuk jalur dan menghubungkan satu pohon ke pohon lainnya. Lintasan terdiri dari tali dan papan kayu.

Ada 10 dengan kemiringan sekitar 45 derajat hingga 60 derajat.

  • Wisata Alam Goa Susur

Tebing Gunung Gajah memiliki wisata alam Gua Susur, yang memungkinkan wisatawan untuk mencoba dan melakukannya.

Anda tidak perlu ragu dan khawatir dalam aktivitas yang satu ini, karena di sini Anda bisa menggunakan layanan panduan yang telah disediakan.

Lokasi Tebing Gunung Gajah

Lokasi tebing Gunung Gajah mudah dicapai dengan jarak 36 kilometer dan jarak sekitar 1 jam 5 menit dari Pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi tepatnya di D.I.Y, Jl. Sermo – Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653.

Rute ke Tebing Gunung Gajah

Rute ke Tebing Gunung Gajah

Rute menuju tebing Gunung Gajah mudah dijangkau, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Dari Pusat Kota Yogyakarta, ambil dari Jl. Godean dan Jl. Nanggulan-Giri Mulyo / Jl. Raya Kaligesing ke Kabupaten Kulon Progo.

Ke arah barat di Jl. KH. Ahmad Dahlan Lewati Indomaret Ahmad Dahlan, terus ke Jl. R. E. Martadinata / Jl. Wates / Jl. Yogyakarta – Wates, Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Wates / Jl. Yogyakarta – Wates.

Belok kanan ke Jl. Jalan Lingkar / Jl. Ringroad Barat / Jl. Siliwangi, belok kanan ke Jl. Jalan Lingkar / Jl. Ringroad Barat / Jl. Siliwangi, terus ke kanan jadi tetap di Jl. Jalan Lingkar / Jl. Ringroad Barat / Jl. Siliwangi.

Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Ringroad Barat / Jl. Siliwangi, belok kiri ke Jl. Godean, di ATM BRI, terus ke Jl. Raya Ps. Kenteng, terus ke Jl. Watu Murah, terus ke Jl. Nanggulan-Giri Mulyo / Jl. Raya Kaligesing.

Ambil Jl. Sermo – Girimulyo, Belok kiri, terus ke Jl. Sermo – Girimulyo dan Destination ada di sebelah kanan.

Baca Juga: Wisata Taman Tebing Breksi

Daya Tarik Tebing Gunung Gajah

Daya Tarik Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah terletak di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Area itu sendiri hanya sekitar 2 hektar.

Meski masih dikategorikan sebagai objek wisata baru, tetapi harus diakui bahwa objek wisata ini cukup istimewa karena memiliki daya tarik tersendiri. Di antara objek wisata yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Beragam Tempat Foto

Sama seperti berbagai objek wisata lainnya di Yogyakarta, objek wisata Kulonprogo ini juga menawarkan sejumlah spot foto.

Tempat-tempat foto ada berbagai, dan salah satu yang paling terkenal adalah tempat foto bulan sabit.

Posisinya berada di ketinggian dan menyajikan pemandangan hijau Bukit Menoreh, lengkap dengan Waduk Sermo di tengah. Selain bintik-bintik bulan sabit, ada juga sky bar, flower top, dan foto-foto kunci cinta.

2. Wahana Outbound

Selain dilengkapi dengan beberapa spot foto dengan tema tertentu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan wahana permainan outbound. Di antara wahana ini adalah rubah terbang dan puncak pohon.

Treetop sendiri adalah kendaraan dalam bentuk jalur dan menghubungkan satu pohon ke pohon lainnya. Lagu ini terdiri dari tali dan papan kayu. Ada 10 dengan kemiringan sekitar 45 derajat hingga 60 derajat.

Cocok untuk Anda yang suka menantang adrenalin. Tentang keamanan, Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, perlengkapan kendaraan ini sangat memadai dan dalam prosesnya ditemani oleh instruktur terlatih.

3. Udara yang Sangat Dingin

Sebagai objek wisata di ketinggian, udara di tempat ini juga sangat sejuk, meski cenderung dingin.

Udara sejuk ini ditambah dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya adalah kombinasi yang tepat untuk menenangkan pikiran yang lelah.

4. Wisata Alam Goa Susur

Tebing Gunung Gajah juga sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk melakukan caving. Mengenai kegiatan ini, Anda dapat menggunakan layanan panduan yang sudah disediakan di sana.

Baca Juga: Wisata Tebing Watu Mabur

Fasilitas

Fasilitas tebing Gunung Gajah cukup lengkap dan telah disediakan untuk wisatawan termasuk:

  • Tempat parkir yang luas
  • Tempat ibadah
  • Kafetaria
  • Toilet
  • Akses WiFi gratis
  • Baterai isi ulang gratis
  • Layanan foto

Harga Tiket dan Parkir Tebing Gunung Gajah

Harga Tiket dan Parkir Tebing Gunung Gajah

Harga tiket tebing Gunung Gajah sangat murah dan terjangkau bagi wisatawan yang hanya menghabiskan Rp5.000.

Sedangkan untuk parkir sepeda motor harganya Rp 2.000, dan untuk parkir mobil harganya Rp 5.000.

Baca Juga: Wisata Watu Giring

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Tebing Gunung Gajah. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Tebing Gunung Gajah Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.