Wisata Taman Sungai Mudal

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Taman Sungai Mudal yang ada di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Di daerah Kulon Progo ada banyak tujuan wisata yang sangat indah dan harus dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Taman Sungai Mudal.

Taman Sungai Mudal ini berbentuk air terjun dan kolam pemandian yang mata airnya berasal dari kedalaman gua di daerah mudal itu sendiri. Alam di sekitarnya telah diatur sedemikian rupa hingga menyerupai taman yang cantik.

Airnya disini sangat jernih serta biru kebiruan menjadikannya sangat indah. Pemandangannya sangat menakjubkan dan alami.

Temperatur sejuk karena ada Tebing Gunung Kelir yang merupakan payung bagi wisatawan yang ada kegiatan yang bisa dilakukan di taman Sungai Mudal, misalnya, seperti berenang, mandi, bermain air, bersantai, atau berfoto selfie dengan latar belakang sungai mudal yang indah.

Di sekitar kolam ini ada berbagai jenis bunga, terutama anggrek. Sehingga wisatawan dapat menikmati alam sambil belajar mengenal jenis-jenis bunga Anggrek.

Meskipun telah digunakan sebagai objek wisata, aliran air sungai masih digunakan untuk kebun irigasi dan sawah di sekitar sungai.

itu. Untuk kolam pemandian dan berenang itu sendiri ada di daerah Kedung Gedoya.

Kolam untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki kedalaman dan lebar yang berbeda anak-anak dengan kedalaman hingga 1,5 meter dengan luas 7 × 11 meter persegi dan untuk orang dewasa dengan kedalaman hingga 2 meter dan berukuran 7×10 meter kotak.

Di sana juga telah disediakan pelampung untuk disewa oleh pengunjung. Sebelum pengunjung memasuki area kolam, wisatawan terlebih dahulu harus melewati sebuah jembatan bambu yang dibuat di atas bendungan.

Di sebelah jembatan ada tangga bambu yang membawa pengunjung ke Air Terjun Mudal dan kolam lainnya yang lebih rendah dari Air Terjun Mudal.

Selama musim kemarau aliran air tidak terlalu deras, tetapi ketika hujan debit airnya sangat deras sehingga pengunjung bisa melakukan rappelling dan water canyoning di air terjun ini.

Sekitar itu ada gazebo yang memiliki atap palem yang digunakan untuk bersantai. Fasilitas lain yang telah disediakan oleh pengelola Taman Sungai Mudal termasuk tanah untuk berkemah, flying fox dan tubing sungai.

Selain itu di tempat-tempat wisata ini telah disediakan WIFI gratis untuk pengunjung. Fasilitas ini diharapkan oleh pengelola taman agar wisatawan semakin tertarik

mengunjungi Taman Sungai Mudal. Jika para wisatawan tidak terlalu suka dengan wisata air, di sekitaran lokasi ini ada tebing batu kapur yang bisa anda gunakan untuk pendakian menuju bukit Watu Wayang.

Di sana juga dapat menemukan banyak kera ekor yang terlihat di sepanjang jalur pendakian.

Lokasi Taman Sungai Mudal

Wisata Taman Sungai Mudal

Lokasi Taman Sungai Mudal mudah dan cukup aman untuk dijangkau oleh pengunjung karena jalan menuju ke Taman Sungai Mudal sudah bagus dan layak untuk dilewati, tetapi lokasi Taman Sungai Mudal cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat Taman Sungai Mudal tepatnya terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Rute ke Taman Sungai Mudal

Rute ke Taman Sungai Mudal

Rute ke Taman Sungai Mudal sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta ke barat menuju ke Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Lalu melanjutkan perjalanan melalui Jalan Wates, tiba di pertigaan ke selatan melalui West Ringroad Road, lalu di perempatan barat menuju Godean Street.

Lalu terus melalui Jalan Kaligesing, sampai Jalan Raya Kaligesing ikuti jalan sampai Anda tiba di Taman Sungai Mudal.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Taman Sungai Mudal cukup jauh, yaitu sekitar 33,2 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari kota Jogja ke Taman Wisata Sungai Mudal sekitar 1 jam 4 menit.

Fasilitas Sungai Mudal

Fasilitas Sungai Mudal

Fasilitas di Taman Sungai Mudal cukup lengkap bagi pengunjung yang ingin pergi ke Taman Sungai Mudal, termasuk:

  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Gazebo
  • Area Hotspot Gratis
  • Warung makanan
  • Flying fox
  • Tabung sungai
  • pelampung
  • Tempat perkemahan

Baca Juga: Wisata Air Terjun Grojogan Pucung

Harga Tiket & Parkir Taman Sungai Mudal

Harga Tiket dan parkir Parkir Taman Sungai Mudal

Harga tiket masuk ke Taman Sungai Mudal cukup murah, pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 6.000 / orang. Harga ini sudah menjadi standar untuk memasuki tempat wisata di Kulonprogo.

Sedangkan biaya parkir di Taman Sungai Mudal adalah Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 3.000 untuk parkir mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tuwondo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Taman Sungai Mudal Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Taman Sungai Mudal Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.