Wisata Suoh Lampung Barat

1 min read

3 Danau Yang Cantik di Kawasan Wisata Suoh Lampung Barat – Ada tiga danau yang tak kalah cantik dengan Danau Ranau.

Sama-sama di Lampung Barat, tiga danau di kawasan Suoh ini harus Anda kunjungi.

Berdasarkan penelusuran berbagai sumber, setidaknya ada dua versi yang menyebutkan asal mula rangkaian danau di Suoh.

Ada yang mengatakan danau itu muncul sejak gempa Liwa tahun 1994. Sedang menurut situs National Geographic, masyarakat meyakini bahwa danau di Suoh muncul akibat letusan Gunung Ratu pada tahun 1933.

Nah, tanpa perlu terlalu mempersoalkan asal muasalnya, mari kita telusuri keindahan Kawasan Wisata Suoh Lampung Barat ini. Berikut ulasannya…

Danau Lebar, Danau Asam dan Danau Minyak berada di Kawasan Wisata Suoh.

Khusus Danau Lebar tepatnya berada di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat, Lampung.

Kawasan ini berada sekitar 263 Km dari Bandar Lampung. Akses ke lokasi masih belum dikelola dengan baik sehingga kawasan ini menjadi lokasi wisata indah yang terisolasi.

Untuk sampai ke Lokasi Danau Lebar/Danau Suoh Anda harus rela naik ojek ataupun menyewa motor untuk ke lokasi.

Itupun masih harus berjalan lagi untuk menuju ke tepian Danau. Karena akses ke danau ini masih sulit, maka wajar jika kawasan wisata ini hanya ramai pada momen tertentu saja.

Keindahan Danau di Suoh: Danau Minyak, Danau Lebar dan Danau Asam

Wisata Suoh Lampung Barat

Di kawasan wisata Suoh ini ada 3 danau yang menjadi tujuan wisata.

Namun Danau Lebar adalah yang paling banyak dikunjungi dan dikenal orang. Danau Lebar serupakan danau dengan lebar sekitar 65 hektar. Letaknya tak jauh dari pemukiman penduduk. Danau ini memiliki warna air yang biru pekat.

Mirip dengan danau Toba, di tengah danau terdapat pulau kecil yang juga disebut Pulau Lebar. Pulau tersebut dipenuhi pepohonan.

Di Danau Lebar Anda bisa mudah menjumpai nelayan yang tak lain adalah warga sekitar sedang mencari ikan. Banyak ikan air tawar hidup di danau ini dan mencari sumber penghasilan penduduk.

Selanjutnya Danau Minyak. Disebut demikian karena permukaan airnya agak berminyak. Kadang juga berubah-ubah warna. Selain itu karena banyak belibis yang hidup disini, Danau minyak disebut juga Danau Belibis.

Danau ketiga memilik air yang sangat asam sehingga disebut dengan Danau Asam.

Di dekat Danau Asam ini terdapat kawasan yang disebut Keramikan. Ini merupakan hamparan lempengan batu mengeras seperti keramik sehingga disebut keramikan.

Batuan di keramikan ini berlapis-lapis dan semakin meluas. Di bawah lapisan batu itu terdapat sumber air panas.

Sumber air panas ini tak pernah susut atau habis. Bahkan di beberapa bagian terbentuk kubangan kecil maupun besar berisi air panas ataupun hangat.

Sebaiknya ekstra hati-hati saat melintasi kawasan keramikan ini karena bisa saja ada bagian yang rapuh dan membuat orang yang melewatinya terperosok ke air panas.

Di dekat Danau Asam juga terdapat fenomena alam unik berupa pasir kuning. Pasir kuning terhampar luas mirip pasir pantai. Di tempat ini pula terdapat gundukan pasir menyerupai gunung anakan yang selalu mengeluarkan asap putih.

Dengan luas mencapai 85 hektar Danau Asam menjadi danau terluas di Suoh.

Itulah beberapa ulasan tentang Danau Lebar, Danau Minyak dan Danau Asam di Suoh, Lampung Barat.

Semoga pemerintah setempat ke depannya semakin meningkatkan fasilitas untuk mendukung kawasan ini menjadi kawasan wisata yang lebih nyaman dikunjungi.

Untuk tempat menginap, di sekitar Danau Lebar sudah ada penginapan berupa Homestay yang bisa Anda jadikan pilihan tempat menginap agar lebih leluasa menjelajah Kawasan Wisata Suoh Lampung Barat ini. Selamat berwisata, tabik pun …

Baca Juga :

Wisata Pantai Mbongosan

Bang Yolan
1 min read