Wisata Puncak Bukit Cendana

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Puncak Bukit Cendana yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner dan pantai, tetapi juga memiliki air terjun puncak bukit yang unik dan indah.

Salah satu kabupaten yang tidak pernah kehabisan potensi wisata alam baru adalah Kabupaten Kulon Progo.

Di daerah Kulon Progo ada banyak tujuan wisata yang sangat indah dan harus dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Cendana Hill Top.

Puncak Bukit Cendana baru dikembangkan oleh pemerintah daerah sekitar Januari 2017. Di sekitar objek wisata ini terdapat banyak pohon cendana yang disebut Bukit Cendana.

Contohnya Destinasi Wisata ke Kalibiru, tur Bukit Cendana ini juga memberikan pemandangan yang indah Waduk Sermo dari atas ketinggian.

Namun, saat ini para wisatawan akan diundang untuk melihat Waduk Sermo dari sisi yang berbeda.

Tur ini baru dikalangan pelancong, karena masih banyak yang belum tahu keberadaan tempat ini.

Bukit Cendana memiliki beberapa spot foto yang dapat dikunjungi untuk mendapatkan foto dari panorama bukit dan Waduk Sermo di bawahnya.

Bukit Cendana menawarkan kesejukan dan ketenangan bagi pengunjung pertama kali ke tempat ini. Pepohonan dan rerumputan di Puncak Bukit Cendana lebih banyak daripada daerah wisata Kalibiru.

Sehingga jika pengunjung berkunjung pada siang hari, mereka tidak akan merasakan panas.

Tempat ini juga sangat pas untuk dikunjungi pada pagi hari sebelum matahari terbit dan sore.

Karena panorama matahari terbit dan terbenam dari bukit-bukit menorehkan menjadi tempat paling ditunggu bagi banyak pengunjung untuk menangkap.

Puncak Bukit Cendana adalah salah satu tempat foto menarik dengan latar belakang bukit hijau dan luasnya Waduk Sermo.

Tapi bukan itu saja, ketika senja datang, pengunjung dapat menikmati matahari yang mulai kembali menyatu dengan pantulan senja Waduk Sermo dan langit yang perlahan mulai menjadi gelap.

Untuk datang ke tujuan wisata ini pengunjung harus tetap menjaga kebersihan dan keberlanjutan di sekitarnya.

Lokasi Puncak Bukit Cendana

Wisata Puncak Bukit Cendana

Lokasi Puncak Bukit Cendana sudah termasuk mudah dan cukup aman untuk dijangkau oleh pengunjung karena jalan menuju Puncak Bukit Cendana sudah baik dan layak untuk dilalui.

Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung harus berjalan lagi sekitar 5-10 menit dari tempat parkir. Namun lokasi Puncak Bukit Cendana cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat tepatnya Bukit Puncak Cendana terletak di Dusun Tegiti 2, Desa Hargowilis, Distrik Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Gardu Pandang Pinus Asri

Rute ke Puncak Bukit Cendana

Rute ke Puncak Bukit Cendana

Rute ke Puncak Bukit Cendana sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta ke barat menuju ke Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian melanjutkan perjalanannya melalui Jalan Wates.

Tiba di persimpangan ke selatan melewati Jalan Ringroad Barat, kemudian tiba di persimpangan ke barat ke Jalan Sentolo – Brosot, kemudian mencapai pertigaan ke barat ke Jalan Pengasih – Sentolo.

Terus lurus ke arah Jalan Pengasih – Sermo, lalu tiba di perempatan ke selatan ke Jalan Sermo – Kokap, terus lurus dan belok tajam ke utara ke Jalan Sermo – Girimulyo.

Jika Anda sudah berada di Jalan Sermo – Girimulyo terus di sepanjang jalan yang ada sampai Anda akan tiba di Puncak Bukit Cendana.

Jarak dari pusat Yogyakarta ke Puncak Bukit Cendana cukup jauh, yaitu sekitar 36,1 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Puncak Bukit Cendana adalah sekitar 1 jam 10 menit.

Fasilitas Puncak Bukit Cendana

Fasilitas Puncak Bukit Cendana

Fasilitas di Puncak Bukit Cendana memang belum cukup lengkap bagi pengunjung yang ingin pergi ke Puncak Bukit Cendana, termasuk:

  • Tempat parkir
  • Warung makanan
  • gardu pandang

Baca Juga: Wisata Watu Amben

Harga Tiket dan Parkir Puncak Bukit Cendana

Harga Tiket dan Parkir Puncak Bukit Cendana

Harga tiket masuk ke Puncak Bukit Cendana cukup murah, pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000, – / orang. Harga ini telah menjadi standar untuk memasuki tempat-tempat wisata di Kulonprogo.

Sedangkan biaya parkir di Puncak Bukit Cendana adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Baca Juga: Wisata Bunker Kaliadem

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Puncak Bukit Cendana. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Puncak Bukit Cendana Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.