Wisata Pulepayung

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pulepayung yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Pulepayung adalah tempat wisata terbaru di Jogja yang kini sedang dicari oleh para wisatawan. Tempat wisata ini menghadirkan keindahan alam yang luar biasa.

Di Pulepayung ada juga spot foto menarik dan terkini yang menarik wisatawan, terutama bagi wisatawan yang suka berfoto.

Pulepayung berada di atas bukit dengan beberapa pos pengamatan tersedia, sehingga wisatawan dapat dengan jelas melihat pemandangan Waduk Sermo yang indah dan menawan.

Mengambil gambar di atas pos tontonan menjadi sangat menarik. Meskipun masih baru, ada cukup banyak pengunjung yang antusias mengunjungi pariwisata Pulepayung.

Bahkan harus rela mengantri untuk naik pos pengamatan untuk mengambil gambar atau menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Gardu yang tersedia ada berbagai model, mulai dari model heksagonal, lingkaran, dan jembatan kayu. Sehingga pengunjung dapat mengambil gambar dengan berbagai model tampilan gardu.

Awalnya tur Pulepayung ini hanya memiliki 4 spot foto utama, yaitu spot foto lollipop, spot foto 8, jembatan surga, dan spot foto langit.

Namun, secara bertahap banyak pengunjung mengunjungi, sekarang tempat foto rumah pohon, tempat foto sepeda, ayunan ruang, dan 100 m flying fox ditambahkan.

Akses ke spot foto cukup mudah karena wisatawan tidak perlu berjalan menaiki bukit. Dan lokasi tempat yang luas sehingga bisa membuat wisatawan menikmati pemandangan alam bebas.

Pengelola Bukit Pulepayung mengatakan bahwa objek wisata ini memanfaatkan sejumlah komunitas lokal dengan luas sekitar dua hektare.

Dikatakan bahwa ada tanaman pule yang daunnya menyerupai payung besar yang diketahui telah jatuh di sana. Itulah sebabnya masyarakat setempat menamakan bukit itu sebagai Bukit Pulepayung.

Karena menimbang keadaan alam yang memungkinkan untuk di lakukan pengembangan, pengelola dari Pulepayung memberikan beberapa spot berfoto untuk para pengunjung.

Semua spot foto ini memiliki keunikannya masing-masing tetapi masih dengan latar belakang perbukitan yang indah dan Waduk Sermo.

Manajer Pulepayung juga menyediakan beberapa jembatan yang terbuat dari kayu dengan penyangga besi.

Jembatan pertama saat menuju ke lokasi wisata, dan jembatan kedua terletak di lokasi lokasi yang ditetapkan di Waduk Sermo.

Wisata Pulepayung sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat pemandangan alam. Karena tur ini berada di perbukitan dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, udara dalam tur ini sangat sejuk.

Selain itu, ada banyak pohon hijau rindang yang akan membuat Anda takjub. Pada siang hari hembusan angin membuat suasana indah dan dingin.

Selain pemandangan wisatawan juga bisa menikmatinya dengan permainan alam seperti outbond, di Pulepayung ada sepeda gantung.

Wisatawan dapat bersenang-senang dengan mengayuh sepeda gunung menggunakan kabel yang sangat adrenalis. Jika wisatawan akan naik sepeda gunung harus punya nyali yang tinggi.

Lokasi Pulepayung

Wisata Pulepayung

Lokasi Pulepayung ini sangat mudah dijangkau. Lokasi Pulepayung tidak jauh dari Kalibiru, jaraknya sekitar 500 m dari Kalibiru.

Alamat tepatnya berada di Dusun Saropati, Desa Hargotirti, Distrik Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Namun lokasi Pulepayung cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Rute ke Pulepayung

Rute ke Pulepayung

Rute menuju wisata Pulepayung cukup mudah. Jika Anda berasal dari pusat kota Yogyakarta, pergilah ke selatan melalui Jl. suryotomo utama sampai ke pertigaan ke barat melewati Jl panembahan senopati.

Kemudian terus lurus melalui jl.r.e. martadinata jalan terus melewati Jl wates dan kemudian melewati jl Yogyakatra-wates.

Kemudian melewati jl wates sampai perempatan selatan melewati jalan lingkar barat lurus dan terus sampai melewati jl wates.

Kemudian setelah melewati National Highway III, terus lurus ke perempatan ke barat melalui jalan Sentolo-Brosot, terus ke pertigaan ke barat melalui jalan penuh kasih.

Kemudian lanjutkan ke pertigaan ke barat melewati Sermo Jalan compassion ke barat menyeberang melalui Jl lkr sermo terus sampai melewati jalan setapak untuk tur Pule Payung.

Baca Juga: Wisata Edukasi Omah Salak

Daya Tarik Pulepayung

Daya Tarik Pulepayung

Kawasan wisata ini ramai dikunjungi oleh pengunjung karena menyajikan keindahan pemandangan alam.

Pemandangan yang ditawarkan di kawasan wisata ini memang hampir mirip dengan pemandangan di wilayah Kali Biru. Karena itu, tempat ini bisa dijadikan alternatif saat kawasan Kali Kali sedang ramai.

Di Bukit Pule Payung ada berbagai tempat menarik yang memanjakan para pengunjung. Contohnya, seperti tiang melihat yang disediakan dengan bentuk melingkar, heksagonal dan jembatan kayu yang indah.

Semua pos pengamatan yang tersedia menawarkan latar belakang perbukitan dan lanskap reservoir Sermo.

Selain menawarkan keindahan latar belakang waduk Sermo, kawasan wisata Bukit Pule Payung juga memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap.

Keindahan pemandangan alam yang didukung oleh ikon pos pengamatan yang menarik membuat pengunjung merasa puas mengambil foto di kawasan wisata ini.

Baca Juga: Wisata Watu Giring

Fasilitas

Ada berbagai macam fasilitas di Pulepayung termasuk:

  • Temukan foto-foto menarik
  • Mushola
  • Tempat parkir yang luas
  • Gazebo
  • Warung makanan

Harga Tiket dan Parkir Pulepayung

Harga Tiket dan Parkir Pulepayung

Harga tiket masuk pariwisata Pulepayung cukup murah, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 / orang,

Pengunjung yang ingin menikmati wahana foto spot di Pulepayung akan dikenakan biaya berikut:

  • naik sepeda langit Rp. 25.000
  • naik rubah terbang Rp. 30.000
  • Tempat foto Lollipop Rp. 10.000
  • photo spot jembatan surga pulepayung Rp. 10.000
  • spot foto kendaraan wolu biaya Rp. 15.000
  • pesawat ruang angkasa pesawat ruang angkasa biaya Rp. 10.000

Biaya tiket parkir objek wisata Pulepayung untuk roda dua adalah Rp. 2.000 dan mobil dikenai biaya Rp. 5000.

Baca Juga: Wisata Rumah Hobbit Mangunan

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pulepayung. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pulepayung Kedalam daftar kunjungan anda.

Terima kasih sudah mampir di artikel kami, sampai jumpa di artikel kami yang lainnya dan jangan lupa jaga selalu kebersihan dimanapun kalian berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read