Wisata Pantai Sadranan

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Sadranan yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata adalah Gunung Kidul. di daerah ini ada banyak pantai yang indah. Salah satu pantai terkenal di Gunung Kidul adalah Pantai Sadranan.

Nama Pantai Sadranan berasal dari kata ‘nyandran’ yang berarti ritual sedekah laut sebagai ungkapan terima kasih atas kekayaan yang telah diperoleh Sang Pencipta.

Nyandran adalah bentuk cara manusia untuk mengingat kekuatan-Nya melalui ciptaan-Nya.

Pantai ini memiliki karakteristik yang sama dengan pantai-pantai lain di kawasan Gunung Kidul, yaitu di pantai terdapat karang dan memiliki pasir putih yang mendominasi.

Ombak yang dihasilkan oleh pantai ini tidaklah terlalu besar seperti pantai lainnya mungkin disebabkan oleh garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk mengenal dunia bawah laut, pantai ini sudah memiliki tempat untuk penyewaan peralatan snorkeling.

Ombak pada bibir pantai tidaklah terlalu besar, jadi snorkeling di resor ini tidak akan berbahaya, Namun wisatawan harus tetap berhati-hati karena ada bebatuan tajam dan bisa melukai kaki.

Saat snorkeling, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut berupa rumput laut, terumbu karang dan beragam jenis ikan indah.

Selain itu, pengunjung dapat mendayung sampan yang telah disewa oleh pengelola. Pengunjung dapat merasakan kesenangan mendayung sampan di pantai ini tanpa harus pergi jauh ke Pantai Pandawa di Bali.

Pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan terbenam di pantai ini yang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Di Pantai Sandaran pengunjung juga dapat bermalam untuk melihat Sunrise.

Di tempat wisata ini, semua penginapan terawat dengan baik, itulah sebabnya pengunjung tidak perlu khawatir tentang keamanan dan kebersihan.

Penginapan ini berupa pondok yang terbuat dari bambu yang memiliki ciri khas tersendiri.

Ada beberapa penginapan yang terletak di atas bukit sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan indah dan nyaman saat menginap di sana.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, tetapi bervariasi tergantung pada harga penginapan yang ditawarkan oleh manajer.

Di sini juga telah disediakan penyewaan kubah tenda bagi pengunjung yang ingin berkemah di Pantai Sadranan dan ada area khusus untuk berkemah dan membuat api unggun.

Di objek wisata ini ada banyak sekali tempat foto keren untuk mengabadikan momen hangat bersama teman dan keluarga.

Lokasi Pantai Sadranan

Wisata Pantai Sadranan

Lokasi Pantai Sadranan sangat mudah diakses karena aksesibilitas atau jalan menuju Pantai Samas telah layak dan bagus. Tetapi, lokasi Pantai Sadranan cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat pasti Pantai Sadranan ada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Nguyahan

Rute ke Pantai Sadranan

Rute ke Pantai Sadranan

Rute ke Pantai Sadranan sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta di sebelah timur pergi melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Panembahan Senopati 9.

Mencapai persimpangan ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, kemudian melanjutkan sampai ia mencapai persimpangan ke arah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono.

Hingga di pertigaan ke selatan melalui Jalan Sisingamangaraja, kemudian terus lurus menuju Jalan Imogiri Barat, tiba di pertigaan ke timur melalui Jalan Imogiri Bakulan.

Sampai pertigaan ke barat melewati Jalan Imogiri Siluk kemudian terus melewati Jalan Siluk Panggang, kemudian terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu terus mengikuti Jalan Siluk Panggang.

Kemudian mencapai pertigaan ke timur melalui Jalan Wonosari Panggang, kemudian melanjutkan ke Jalan Pantai Selatan Jawa, kemudian tiba di pertigaan ke selatan melalui Jalan Sadranan Sili, ikuti jalan sampai Anda akan mencapai Pantai Sadranan.

Jarak dari pusat Kota Jogja ke Pantai Sadranan adalah sekitar 64,6 KM dan waktu perjalanan normal untuk kendaraan bermotor dari pusat kota Jogja ke Pantai Sadranan adalah sekitar 1 jam 47 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Congot

Fasilitas

Fasilitas Pantai Sadranan cukup lengkap bagi wisatawan yang ingin pergi ke Pantai Sadranan, termasuk:

  • Kamar Mandi
  • Tempat untuk berganti pakaian
  • Penginapan
  • Warung makanan
  • Penginapan
  • Gazebo
  • Area parkir
  • Layanan foto
  • Penyewaan peralatan snorkeling

Daya Tarik Pantai Sadranan

Daya Tarik Pantai Sadranan

Wisata Pantai Sadranan di Tepi Gunung Kidul Yogyakarta memiliki karakter pasir putih dan karang di pantai, hanya di pantai karang Sadran cenderung sedikit dan didominasi oleh pasir putih.

Pantai ini sangat sepi dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Hanya ketika liburan akan sedikit lebih ramai daripada hari-hari normal. Tapi itulah yang menarik perhatian pantai.

Di pantai Sadranan ada juga penginapan yang terletak di atas bukit. Penginapan yang sangat indah dengan pemandangan laut yang luas. Atau Anda juga bisa mendirikan tenda di pantai.

Hanya saja pengelola pantai biasanya akan memperingatkan pengunjung jiak membuang bekas kamp sampah di pantai

Yang paling menarik adalah snorkeling di pantai Sadranan. Jika sebelumnya Pantai Nglambor sebagai pelopor snorkeling di Gunungkidul, pantai Sadranan adalah lokasi yang tidak kalah indahnya.

Bahkan ada beberapa ikan langka dan dilindungi di Pantai Sadranan. Untuk snorkeling di Pantai Sadranan, pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling sebanyak yang Anda suka.

Baca Juga: Wisata Pantai Bugel

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sadranan

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sadranan

Harga tiket masuk ke Pantai Sadranan murah, yaitu Rp 10.000, – / orang. Harga tiket ini telah menjadi standar saat ingin masuk ke kawasan pantai di kawasan Gunung Kidul.

Dan untuk harga parkir pada Pantai Sadranan, yaitu Rp. 2.000, – untuk sepeda motor dan Rp. 5.000, – untuk parkir mobil.

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Sadranan. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Sadranan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read