Wisata Pantai Krakal

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Krakal yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Pantai Krakal yang berada di Tanjungsari kabupaten Gunung Kidul merupakan contoh objek wisata yang terletak pada Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DIY, Indonesia.

Pantai Krakal di Tanjungsari Gunung Kidul Yogyakarta adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari kerja dan liburan.

Tempat ini sangat indah dan dapat memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Wisata Pantai Krakal mempunyai pesona yang indah dan sangat menarik untuk didatangi.

Sangat sayang jika Anda sedang berada di kota Gunung Kidul, jangan mengunjungi Wisata Pantai Krakal di Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta, yang memiliki keindahan yang tiada duanya.

Pantai Krakal yang berada di Tanjungsari Gunung Kidul memang cocok untuk menghabiskan aktivitas liburan Anda, terutama saat libur panjang contohnya liburan sekolah, atau hari libur lainnya.

Keindahan Pantai Krakal di Tanjungsari Gunung Kidul Yogyakarta sangat baik bagi Anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk mengunjungi tempat wisata Pantai Krakal di kota Gunung Kidul.

Lokasi Pantai Krakal

Wisata Pantai Krakal

Lokasi pantai krakal ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Tetapi jika Anda masih bingung dengan lokasi atau lokasi Wisata Pantai Krakal di Tanjung Kidari, Gunung Kidul Yogyakarta.

Rute ke Pantai Krakal

Rute ke Pantai Krakal

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata pantai ini, ada baiknya mengetahui lokasi pantai Krakal Gunung Kidul.

Jika Anda berada di pusat kota Yogyakarta, ambil jalan ke persimpangan Ketandan yang terletak di Ring Road timur Yogyakarta.

Kecuali Anda berasal dari kota Solo, Anda dapat langsung memotong jalan dengan berbelok ke selatan di pertigaan tepat di depan candi Prambanan. Kemudian melanjutkan perjalanan ke kota Wonosari, sekitar 32 Km.

Ketika Anda tiba di kota Wonosari, Anda akan melewati alun-alun kota, belok kanan melewati desa Kemandang menuju arah wisata pantai.

Kondisi jalan memang baik, tetapi Anda harus waspada karena kondisi jalan di Wonosari memiliki banyak belokan tajam dan melewati bukit dan batu kapur Gunung Kidul.

Panjang rute ini berkisar dari 23 kilometer dari kota Wonosari ke objek wisata. Sebelum Anda memasuki area pantai, ada jendela tiket wisata di pantai Gunung Kidul.

Setelah melewati gerbang konter area pantai, Anda akan bertemu pertigaan menuju lokasi wisata pantai, belok ke kiri.

Jika Anda mengambil jalan setapak ke kanan, Anda akan dibawa ke wisata pantai Baron di Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandansari

Daya Tarik Pantai Krakal

Daya Tarik Pantai Krakal

Pantai Krakal di Tanjungsari Gunung Kidul Yogyakarta memiliki beberapa tempat selancar tersembunyi yang tersembunyi.

Pantai Krakal telah lama terkenal sebagai salah satu daerah pesisir di ujung selatan Jogja dan memiliki keindahan luar biasa. Garis pantai Krakal yang landai dan memiliki ombak yang jernih.

Terumbu karang juga menghiasi sebagian besar pantai. Di pantai ini ada ikan jenis damselfish berwarna kuning dengan garis biru di punggungnya, ikan Kupu-kupu atau ikan kepe-kepe dengan garis biru muda dan biru tua.

Dan ada segerombolan ikan kecil warna biru terang yang berenang di bebatuan. Bintang laut berwarna hitam yang mencuat dari bawah batu yang menjadi tempat persembunyian mereka.

Jika kalian mau berkeliling pantai, jangan lupa memakai alas kaki karena batu-batunya terkadang sangat tajam di sini. Beberapa orang nelayan sekitar yang lalu lalang, mereka mencari tempat yang strategis untuk melempar pancing.

Yang lain menyelam di laut dangkal untuk mencari umbal, sejenis binatang laut kecil yang hidupnya melekat pada batu. Umbal kemudian akan diolah menjadi getah kacang yang enak oleh penduduk setempat.

Pantai Krakal juga menyembunyikan ombak yang cocok untuk Anda yang ingin bermain selancar.

Bagi Anda yang ingin berselancar di Pantai Krakal, Anda harus terlebih dahulu berjalan ke deretan batu lepas pantai dan kemudian menemui ombak yang berjenis karang pecah dan cukup menantang.

Dasar laut memiliki banyak karang sehingga bagi Anda yang ingin berselancar harus ekstra hati-hati.

Baca Juga: Wisata Pantai Samas

Fasilitas

Pantai Krakal di Tanjungsari Gunung Kidul Yogyakarta bisa dibilang merupakan wisata pantai yang memiliki beberapa fasilitas dan layanan termasuk:

  • Area Parkir Kendaraan
  • Mushola
  • Kamar Mandi / MCK
  • Tempat istirahat
  • warung makan
  • Penginapan
  • Surving rental board

Harga Tiket Pantai Krakal

Harga Tiket Pantai Krakal

Wisata pantai counter Yogyakarta pantai krakal, umumnya dibuka dan dijaga mulai jam delapan pagi.

Tidak ada tiket khusus pada wisata pantai Gunung Kidul ini, ketika wisatawan masuk setelah gerbang jendela utama, maka wisatawan berhak untuk pergi ke setiap wisata pantai termasuk pantai Krakal.

Harga tiket masuk ke pantai Krakal dan wisata pantai lainnya adalah 7.000 rupiah per orang, sedangkan untuk liburan adalah 10.000 rupiah per orang.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Krakal. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Krakal Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.