Wisata Pantai Baros

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Baros yang ada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kabupaten Bantul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta, di mana kabupaten ini memiliki tujuan wisata mulai dari gua sampai banyak pantai yang indah dan setiap pantai memiliki karakteristik sendiri.

Salah satu pantai di Bantul adalah Pantai Baros. Pantai Baros menawarkan kesatuan antara pantai dan hutan bakau di dalamnya.

Pantai Baros sudah terkenal dengan kondisi udara segar karena banyaknya di tepi sungai Opak.

Pantai ini menawarkan keindahan air laut dengan pasir putih yang sangat menakjubkan dan juga menawarkan keindahan hutan bakau yang tidak kalah indahnya.

Hutan mangrove Baros biasanya digunakan sebagai kawasan ekowisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Wisata Pantai Baros tidak hanya ramai di akhir minggu tetapi juga banyak pengunjung yang datang pada sore hari karena udaranya lebih segar.

Selain merasakan semilir angin pantai, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam di pantai ini.

Terutama jika cuaca cerah, Anda akan melihat sungai buram yang mengalir di bawah matahari terbenam.

Pemandangan lain ketika cuaca cerah adalah beberapa burung yang bertengger di dahan pohon bakau. Bahkan wisatawan lain sering mengambil foto burung yang sedang bertengger ini karena terlihat masih alami.

Selain dari pada itu, pada Pantai ini juga ada gardu pandang untuk melihat kecantikan pemandangan di sekitarnya. Sehingga wisatawan bisa duduk dan bersantai sambil menikmati kesegaran pantai angina.

Di pantai ini, pengunjung juga dapat menikmati pantai sambil menikmati pemandangan hutan bakau. Tempat ini juga menjadi daya tarik bagi orang yang memiliki hobi berfoto pada Pantai Baros.

Tidak cuma memberikan pemandangan yang alami namun pantai ini juga sering digunakan untuk foto prewedding.

Ini karena keindahan pepohonan bakau yang masih alami sehingga menambah apik latar belakang foto menjadi sangat indah.

Tidak cuma menikmati suasana hutan bakau dan pantai, ada juga instruktur di sini untuk orang-orang yang tertarik belajar menanam pohon bakau.

Di kawasan pantai ini juga tersedia hamparan lahan hijau bagi siapa saja yang ingin mengisi malam yang menyenangkan dengan berkemah bersama teman-teman lainnya.

Di sini pengunjung juga bisa memancing di sekitar pantai ini, lalu memasaknya dengan api unggun di malam hari.

Lokasi Pantai Baros

Wisata Pantai Baros

Jalan kelokasi sudah baik dan mudah bagi pengunjung untuk mencapai Pantai Baros. Tetapi beberapa kilo sebelum tiba di Pantai Baros akan menemukan jalan sempit.

Alamat pasti Pantai Baros adalah di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute ke Pantai Baros

Rute ke Pantai Baros

Rute ke Pantai Baros sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta di sebelah timur pergi melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Pangurakan.

Mencapai persimpangan ke selatan melalui Jalan Brigjen Katamso, mencapai perempatan langsung ke Jalan Parangtritis, terus lurus di pertigaan ke barat ke Jalan Samas Kretek.

Kemudian mengikuti jalan sampai di perempatan selatan ke Jalan Tirtohargo, lalu tiba di pertigaan ke timur ke Main Baros Street.

Sampai pertigaan ke barat ke Jalan Kandang Sapi, ikuti jalan sampai Anda akan mencapai Pantai Baros.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Baros cukup jauh, yaitu sekitar 28,6 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Jogja ke Pantai Baros adalah sekitar 50 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Watu Bolong

Fasilitas di Wisata Pantai Baros

Fasilitas di Wisata Pantai Baros

Fasilitas di Pantai Baros cukup lengkap bagi pengunjung yang tertarik untuk datang ke Pantai Baros, termasuk:

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Warung makanan dan minuman
  • Area berkemah

Obyek Wisata

Meski namanya masih terdengar asing di telinga wisatawan, Pantai Baros masih banyak dikunjungi pengunjung karena selain lokasinya yang dekat dengan pusat kota Jogja.

Tempat ini juga bisa dijadikan tempat refreshing dari kelelahan kerja atau tugas kuliah. Di pantai ini Anda juga dapat menikmati alam di sungai Opak dan udara segar di pantai.

Bakau yang ditanam di kawasan pantai juga membentuk hutan bakau yang sering digunakan pengunjung untuk berfoto.

Mangrove dipilih untuk dibudidayakan di daerah ini karena tempat ini merupakan lokasi perintis untuk hutan bakau, oleh karena itu tempat ini disebut sebagai Daerah Mangrove Baros.

Keberadaan mangrove ini sebagai upaya mencegah terjadinya tsunami dan abrasi. Selain itu menanam bakau di pantai bisa meminimalkan kehadiran angin laut yang kencang.

Tidak hanya digunakan untuk liburan, tetapi tempat ini juga dapat digunakan bagi Anda yang ingin belajar tentang peternakan burung dan perairan.

Tetapi jika Anda ingin mengunjungi tempat ini hanya untuk berlibur, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk datang ke daerah ini:

1. Spot Foto

Tempat-tempat menarik di area ini meliputi:

  • Muara sungai Opak dan dapat digunakan untuk memancing
  • Sawah di daerah Pantai Baros dan kandang sapi kelompok
  • Wilkel dari Belanda
  • Sungai Winongo
  • Bersepeda di area perumahan di Dusun Baros yang masih asli
  • Vegetasi pantai dan tanaman bakau

Baca Juga: Wisata Pantai Goa Cemara

2. Lakukan Aktivitas Unik di Dalam Area

Anda tidak hanya dapat menikmati tempat-tempat menarik di area Pantai Baros dan penanaman bakau, tetapi Anda dapat melakukan sejumlah hal untuk mendukung suasana liburan Anda:

  • Di Sekitar Hutan Bakau

Melalui jalan setapak, Anda bisa memanfaatkan sawah alami yang melihat tanaman bakau di dekat area pantai. Biasanya jika pengunjung mau berkeliling daerah ini, Anda akan melihat seorang petani mencari pakan ternak. Jadi di tempat ini, Anda tidak hanya bepergian, tetapi Anda juga bisa menyaksikan aktivitas alam yang sangat mengasyikkan.

  • Berkemah
    Berkemah bisa dilakukan di area pantai bersama teman-teman. Apalagi, jika Anda ingin membuat api unggun di malam hari, suasana berkemah Anda akan lebih menyenangkan.
  • Di sekitar Sungai Opak dengan perahu
    Anda juga bisa menggunakan rakit untuk bernavigasi di sepanjang sungai opak yang memiliki jarak 1,5 km. Perahu, yang dapat digunakan untuk kapasitas 20 orang, dapat melihat bakau di hutan dan burung-burung yang juga dibudidayakan di daerah ini. Beberapa spesies burung di wilayah ini seperti bangau, Geeks, uca, dan seylla. Sedangkan jenis tanaman bakau yang hidup adalah nypha, avicennia, brugueira, dan lainnya.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Baros

Harga tiket retribusi untuk memasuki Pantai Baros relatif terjangkau, yaitu pengunjung hanya dikenai biaya Rp 10.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir, pengunjung yang akan mengunjungi Pantai Baros akan dikenai biaya Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Jembatan Pantai Timang

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Baros. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Baros Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.