Wisata Museum Wayang Kekayon

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Museum Wayang Kekayon yang ada di Bantul, Yogyakarta.

Museum Wayang Kekayon adalah museum yang di dalamnya terdapat banyak boneka. Museum ini terletak di kota Jogjakarta tepatnya di Jl wonosari km 7.

Museum ini didirikan pada tahun 1990 yang memiliki banyak koleksi boneka dan topeng dan menampilkan sejarah boneka dari abad ke-6 hingga abad ke-20. terbuat dari kulit, kayu, kain atau kertas.

Di Museum Wayang Kekayon terdapat beberapa jenis koleksi wayang, yaitu: wayang Purwa, wayang Madya yang menceritakan kisah perang Baratayuda), wayang Thengul, wayang Klithik yang bercerita tentang Damarwulan dan Minakjinggo).

Wayang Gedhog yang menceritakan Kisah Dewi Candra kirana, ada juga Wayang Suluh yang menceritakan sejarah dari perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia, dan banyak lagi koleksi yang lainnya.

Museum ini juga memiliki beberapa poster yang menggambarkan strategi perang yang digunakan selama perang Baratayuda antara Pandawa dan Korawa yaitu strategi Sapit Urang dan strategi Gajah.

Museum Kekayon adalah lingkungan dengan lingkungan yang merupakan alat belajar untuk belajar bagaimana mencintai lingkungan dan budaya bangsa.

Lingkungan ini berada di depan Museum Kekayon dengan angka untuk tanda Kekayon (7), Standby (8), Angsti (9), dan Wiyata (1). Sosok tahun adalah tahun pembangunan Museum Kekayon.

Ketika Anda memasuki museum ini, Anda akan melihat burung-burung bernyanyi dan udara sejuk. Ada 9 unit di Museum Kekayon ini.

Di unit pertama dan kedua ada koleksi Wayang Wayang Yogyakarta. Ketika Kerajaan Mataran dibagi menjadi Kerajaan Surakarta dan Yogyakarta, itu menyebabkan perbedaan dalam gaya wayang antara keduanya.

Koleksi wayang purwa di unit ini lengkap, dari wayang lama ke desain sederhana. Ada juga boneka boneka di unit ini. Manekinnya adalah Raden Gatotkaca yang disimpan dalam sebuah kotak besar.

Perbedaan antara Wayang Yogyakarta dan Wayang Surakarta adalah fisik. Wayang Yogyakarta memiliki postur yang lebih gemuk, sementara wayang surakarta memiliki postur yang lebih ramping.

Wayang Yogyakarta terlihat lebih dinamis daripada Wayang Surakarta. Terletak di posisi telapak kakinya agak berjinjit seolah dalam posisi bergerak.

Dan di unit lain ada juga koleksi boneka di zaman kuno mulai dari boneka perantara, wayang gendhong, hingga wayang golek.

Di unit kedelapan dan kesembilan ada koleksi berbagai jenis topeng dan pertunjukan mini. Kemudian di unit terakhir ada boneka mulai dari boneka Thailand, Boneka Potehi, Istana Boneka hingga boneka wisata.

Di museum ini ada koleksi astrilogi boneka. boneka astrologi adalah daya tarik utama bagi wisatawan karena di sana Anda dapat mencocokkan karakter zodiak dengan karakter boneka.

Lokasi Museum Wayang Kekayon

Wisata Museum Wayang Kekayon

Lokasi Museum Wayang Kekayon sangat mudah dijangkau dan mudah ditemukan, karena letaknya tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Lokasi tepatnya di Jl. Laksamana Adi Sucipto, Baturetno, Gondokusuman, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Museum Wayang Kekayon

Rute ke Museum Wayang Kekayon

Rute ke Museum Wayang Kekayon sangat mudah karena dapat dilalui dari segala arah dan jalan menuju Museum Wayang Kekayon juga layak untuk dilewati.

Jika Anda pergi dari pusat kota Jogjakarta ke timur melalui Jl Panembahan Senopati, langsung ke Jalan Raya Jogja kemudian terus lurus ke Jalan Kusumanegara.

Kemudian lanjutkan ke persimpangan ke selatan melalui Jalan Kuning Jl. maka Anda akan menemukan atraksi budaya Museum Wayang Kekayon.

Jarak tempuh dari pusat kota Jogja ke tempat wisata Museum Wayang Kekayon tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 6,5 kilometer.

Dan waktu tempuh normal untuk kendaraan roda dua dari pusat kota Jogja ke tempat wisata Museum Wayang Kekayon adalah hanya sekitar 20 menit.

Baca Juga: Wisata Museum De Mata

Daya Tarik Museum Wayang Kekayon

Daya Tarik Museum Wayang Kekayon

Museum Wisata Wayang Kekayon di Gondokusuman Bantul Yogyakarta didirikan oleh almarhum Prof. DR. dr. KPH. Soejono Prawirohadikusumo (profesor dan neurologis mental UGM).

Dan diresmikan oleh KGPAA Paku Alam VIII pada tahun 1991. Museum ini mengumpulkan berbagai jenis boneka di Indonesia.

Selain sebagai tujuan wisata seni dan budaya, museum ini juga memiliki fungsi pendidikan, penelitian, dan rekreasi.

Wayang adalah kekayaan luhur budaya Indonesia yang patut dibanggakan. Terbukti dengan pengakuan UNESCO tentang wayang sebagai warisan dunia.

Museum ini juga nyaman dan indah dengan tempat parkir yang luas dan grand pendapa untuk perayaan pernikahan, pameran, rapat, pertemuan, dan lainnya.

Di kompleks museum boneka 1,1 ha, ribuan boneka dari berbagai jenis dapat dilihat, seperti Purwa, Madya, Gedhoog, Klithik, Dupara, Diponegaran, Krucil, Golek, 100 boneka Kurawa, dan lainnya.

Berbagai macam koleksi wayang yang berusia ratusan tahun, seperti: Wayang Golek Thengul, Wayang Madura, Bali dan Lombok.

Sampai sekarang boneka-boneka modern seperti Wayang Perjuangan / Suluh dan Wayang Republik sering ditampilkan.

Berbagai koleksi topeng, berbagai pakaian wayang Wong, Wayang Suluh, Patung Wayang Wong ukuran sebenarnya.

Bangunan yang ada terdiri dari satu ruang auditorium dengan fasilitas audio visual yang digunakan untuk penjelasan awal bagi pengunjung.

Selain itu ada juga beberapa unit gedung museum yang lebih kecil lagi seperti bangunan utama yang disertai arsitektur Jawa komplit dengan pendapa, kuncung, peringgitan, longkang, ndalem dengan sarean tengah.

Baca Juga: Wisata Museum Benteng Vredeburg

Fasilitas

Fasilitas di Museum Wayang Kekayon belum lengkap, fasilitas pendukung untuk Museum Wayang Kekayon meliputi:

  • Ada aprkir di sana
  • Ada toilet / kamar mandi umum
  • Ada paviliun besar yang sering digunakan untuk perayaan pernikahan, pameran, atau pertemuan khusus.
  • Ada ruang auditorium dengan audio visual
  • Ada juga akomodasi di dekat museum.

Harga Tiket dan Parkir Museum Wayang Kekayon

Harga Tiket dan Parkir Museum Wayang Kekayon

Harga tiket masuk ke Museum Wayang Kekayon cukup murah. Pengunjung hanya akan diminta biaya Rp. 7000 per orang untuk siswa atau umum, Rp. 10.000 per orang untuk para turis asing.

Jika pengunjung membawa kamera maka akan dikenakan biaya Rp. 10.000 Di Museum Boneka Kekayon ada juga bengkel boneka, jika Anda ingin melihat Anda harus membayar Rp. 20.000 / orang.

Sedangkan harga tiket parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp. 2000 dan untuk mobil yaitu Rp. 5000.

Baca Juga: Wisata Museum Ullen Sentalu

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Museum Wayang Kekayon. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Museum Wayang Kekayon Kedalam daftar kunjungan anda.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read

Wisata Pantai Kadilangu

Bang Yolan
3 min read