Wisata Museum Puro Pakualaman

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Museum Puro Pakualaman yang ada di Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta adalah kota yang memiliki banyak tujuan wisata. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata sejarah dan budaya. Banyak wisata sejarah dan budaya mulai dari museum hingga kuil.

Objek wisata yang akan dibahas dalam artikel ini adalah wisata sejarah dan budaya, Museum Puro Pakualaman.

Museum Puro Pakualaman adalah museum di mana terdapat benda peninggalan bersejarah dari Kerajaan Pakualaman. Museum ini terletak di kompleks Puro Pakualaman.

Museum Puro Pakualaman diresmikan pada 29 Januari 1981. Museum Puro Pakualaman digunakan sebagai objek wisata budaya dan sejarah, tempat menyimpan berbagai peninggalan bersejarah.

Museum Puro Pakualaman didirikan pada masa pemerintahan Paku Alam V dengan luas bangunan yang lebih kecil dibandingkan dengan Istana Yogyakarta.

Museum ini memiliki luas bangunan sekitar 816 m2 dari semua bangunan di Puro Pakualaman. Museum ini adalah museum yang dimiliki oleh Puro Pakualaman itu sendiri.

Museum ini mulai diperbaiki pada tahun 1981 dengan persetujuan Sri Paku Alam. Perbaikan ini juga dibantu oleh Pemerintah melalui Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta.

Museum Puro Pakualaman adalah museum khusus yang menggambarkan budaya dan sistem pemerintahan Paku Alaman. Di dalam museum ini, ada banyak peninggalan sejarah yang sangat terkait dengan era VOC.

Benda-benda ini telah dibagi menjadi tiga bagian di museum ini. Di ruang pertama di Museum Puro Pakualaman, ada daftar pohon keluarga Paku Alam.

Dari dokumen perjanjian politik dengan Inggris dan Belanda dan ada juga foto-foto Paku Alam. Di ruangan pertama ini ada juga rencana Puro Pakualaman.

Di ruang kedua Museum Puro Pakualamn, ada beberapa alat dan peralatan yang digunakan pada periode Puro Pakualaman.

Di kamar kedua ini terdapat juga koleksi pakaian prajurit, kostum tari, kostum permaisuri dari Pangeran Adipati Praja Pakualamn. Pakaian pelayan di istana, pakaian Adipati Praja Pangeran Pakualaman.

Dan koleksi di ruang ketiga adalah kereta kuda yang disebut Kereta Kiai Manik Koemolo. Kereta kuda adalah hadiah untuk Pakualam dari Raffles. Hadiah diberikan oleh Raffles di tahun 1814.

Gerbong yang ditarik kuda berada tepat di belakang istana. Di Museum Puro Pakualaman, Anda dapat menonton situs meditasi raja di bawah pohon Gandaria.

Sejarah Museum Puro Pakualaman

Wisata Museum Puro Pakualaman

Museum Puro Pakualaman, adalah museum di bawah naungan Museum Bebo Puraku Pakualaman.

Sebagai objek wisata budaya dan sejarah, tempat ini menyimpan sejumlah peninggalan dan peringatan di zaman kuno.

Museum Puro Pakualaman dibuat dalam masa pemerintahan Paku Alam ke lima. Area kompleks dari Puro Pakualaman terbilang kecil serta lebih sederhana jika dibandingkan dengan Istana Yogyakarta.

Museum Puro Pakualaman memegang beberapa benda terkait selama era VOC. Benda-benda tersebut dibagi menjadi 3 kamar di bagian timur depan kompleks Puro Pakualaman.

Ketika masuk Pakualaman pertama, wisatawan akan menemukan kotak yang memiliki banyak pepohonan beringin. Selanjutnya Anda akan memasuki Danawara Regol atau gerbang utama.

Di depan Museum Puro Pakualaman di Jl Sultan Agung, Yogyakarta ada instrumen gamelan.

Kemudian di Pandapa, Anda akan menemukan dalem Ageng Proboyeksa yang terdiri dari kamar tidur, ruang pusaka, Bangsal Parangkarsa dan Gedung Purwaretna.

Di ruang pertama Museum Puro Pakualaman di Jl Sultan Agung, Yogyakarta, ada daftar pohon keluarga dari Paku Alam, data atau berkas perjanjian politik dengan Belanda dan Inggris, dan foto-foto.

Pada ruang yang kedua Museum Pakualaman, ada suasana dari Prajurit Plangkir, Pangeran Adipati Praja Pakualaman, Abdi Dalem, Pangeran Permaisuri Adipati Praja Pakualaman, pakaian Bedoyo Samgita Hasta.

Dan sisa-sisa rakyat kuno dari Sri Puro Paku Alam VII bersama dengan kereta kemegahan yang sebelumnya digunakan sebagai upacara resmi para pengrajin.

Di ruangan ini juga ada tombak yang digunakan untuk menari Bondo Yudho.

Selanjutnya, untuk ruang ketiga ada kereta berkuda yang disebut Kiai Manik Koemolo yang madalah pemberian dari Raffles ke Pakualam.

Jangan lupa bagian belakang istana ada pohon Gandaria yang digunakan oleh Raja untuk tempat meditasi.

Baca Juga: Wisata Museum De Mata

Lokasi Museum Puro Pakualaman

Rute ke Puro Pakualaman Museum

Lokasi musium ini sangat mudah diakses serta ditemukan dan bisa diakses dari semua arah. yaitu di Puro Pakualaman Musuem berlokasi di JL. Sultan Agung, Purwokinanti, Puro Pakualaman, Yogyakarta, lebih tepatnya lagi ada dalam komplek Puro Pakualaman.

Rute ke Puro Pakualaman Museum

Lokasi Museum Puro Pakualaman

Rute menuju objek wisata sejarah Puro Pakualaman sangat mudah didatangi karena akses jalan menuju objek wisata ini patut dilewati.

Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta 0 km ke arah timur melewati Jl Panembahan Senopati.

Terus lurus menuju Jalan Raya Jogja lalu sampai pertigaan menuju utara melalui Masjid Street kemudian sampai pertigaan ke timur melalui jalur selokan, ikuti jalan maka Anda akan sampai ke tur sejarah Puro Museum Pakualaman.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota Jogja 0 km menuju Museum Puro Pakualaman tidaklah jauh.

Yaitu cuma sekitar 1,3 KM dan waktu untuk kendaraan roda dua normal dari pusat Kota Jogja 0 km ke Museum Puro Pakualaman hanya berjarak sekitar 6 menit.

Baca Juga: Wisata Museum Benteng Vredeburg

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Museum Puro Pakualaman mencakup fasilitas yang ada di Puro Pakualaman. Fasilitas di sana memadai dan membuat pengunjung nyaman. Fasilitas termasuk:

  • Ada jendela tiket masuk untuk wisatawan
  • Toilet / kamar mandi
  • Pusat informasi
  • Adanya aliran listrik, air, dan telepon
  • Ruang untuk pameran dan koleksi Puro Pakualaman
  • Area parkir besar
  • Ada keamanan

Harga Tiket dan Parkir Puro Museum Pakualaman

Harga Tiket dan Parkir Puro Museum Pakualaman

Harga tiket masuk ke Museum Puro Pakualaman tidak dikenai biaya. Anda dapat melihat berbagai peninggalan dari Puro Pakualaman secara gratis.

Meski begitu ketika Anda mengunjungi Puro Pakualaman biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Museum Ullen Sentalu

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Museum Puro Pakualaman. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Museum Puro Pakualaman Kedalam daftar kunjungan anda.

Terima kasih sudah mampir di artikel kami, sampai jumpa di artikel kami yang lainnya dan jangan lupa jaga selalu kebersihan dimanapun kalian berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read