Wisata Kuliner Geplak Jogja

1 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek Wisata Kuliner Geplak Jogja yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Kota Gudeg, nama Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah melejit namanya ke seluruh penjuru dunia.

Jogja yang begitu akrab memang menghadirkan beragam pesona budaya hingga spesialisasi kuliner yang membuat siapa pun rindu untuk kembali ke kota ini lagi.

Gudeg yang terkenal dengan spesialisasi manisnya tidak sendirian. Dia ditemani oleh beberapa makanan manis lainnya juga. Sebut saja salah satu makanan manis ini adalah Geplak.

Geplak adalah salah satu kuliner atau makanan khas Bantul. Makanan ini termasuk makanan ringan. terbuat dari kelapa parut dan gula merah serta gula pasir.

Geplak ini memiliki bentuk yang unik dan juga rasa yang khas. Jadi tidak salah jika makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat. Ada juga banyak turis yang datang dan menjadikan Geplak ini sebagai oleh-oleh.

Makanan tradisional yang khas dan sangat terkenal dan telah menjadi salah satu maskot makanan kabupaten di selatan kota Jogja.

Geplak Khas Tugu Wisata Bantul

Geplak Khas Tugu Wisata Bantul

1. Karakteristiknya Berwarna-warni

Ciri khas Geplak adalah bentuknya yang bulat dan warna-warni seperti pelangi. Selain itu, rasa kelapa parut memberikan rasa manis dan khas untuk rasa kuliner khas ini.

Dalam proses pembuatannya, daging kelapa pertama yang direndam dalam air minyak kelapa mengangkat minyak. Selanjutnya, daging kelapa dicuci lalu diparut.

Baca Juga: Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Enak

Parutan ini kemudian dimasak sekaligus dengan gula dan pewarna makanan. Kemudian didinginkan dan dibentuk bulat setelah itu hanya proses pengemasan.

Kemasan Geplak ini biasanya menggunakan ‘besek’ yang terbuat dari anyaman bambu. Dalam paket besek ini biasanya berisi banyak geplak yang berwarna-warni.

Awalnya makanan manis ini hanya memiliki dua warna yaitu putih dan coklat. Warna putih biasanya untuk gula pasir atau gula tebu, sedangkan warna coklat berasal dari gula aren.

Dilihat dari zaman, para aktivis Geplak berinovasi dengan menciptakan warna dan rasa.

Warna geplak yang semula hanya terdiri dari dua warna kini berubah menjadi berbagai warna termasuk merah, kuning, hijau, putih, dan juga cokelat.

Baca Juga: Rekomendasi Oseng Mercon Jogja

Sementara itu, dari rasa Geplak itu sendiri yang awalnya hanya rasa gula tebu dan gula merah kemudian berkembang menjadi rasa kacang, jahe, stroberi, durian, dan juga rasa lainnya.

2. Sudah Tersebar di Sudut Jogja

geplak warna warni khas Jogja

Makanan khas Bantul ini tidak hanya ditemukan di daerah Bantul. Makanan khas Bantul ini dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Jogja.

Ada juga industri rumah tangga yang biasanya memproduksi makanan ini. Perbedaannya adalah bahwa dalam karakteristik dan segi rasa serta kemasan.

Jika Anda mengunjungi Jogja atau Bantul khususnya, tidak ada salahnya untuk membawa pulang makanan khusus ini sebagai oleh-oleh untuk kerabat Anda karena rasa manis dapat menjadi penangkal kesedihan dari rutinitas kelelahan yang sibuk.

Baca Juga: Rekomendasi Sate Klathak

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Wisata Kuliner Geplak Jogja. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Geplak Jogja Kedalam daftar kuliner anda.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read