Wisata Jembatan Pantai Timang

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Jembatan Pantai Timang yang ada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu hal yang mendorong wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta adalah karena pantainya. Bukan hanya jumlahnya yang mencapai ratusan dan rentang yang sangat panjang dari timur ke barat.

Pantai-pantai di Yogyakarta juga memiliki karakteristik berbeda. Salah satu pantai yang memiliki keunikan tersendiri dan bahkan tidak dimiliki oleh pantai lain di Yogyakarta atau bahkan di Indonesia adalah Pantai Timang.

Pantai Timang berbeda dengan pantai pada umumnya, yaitu keberadaan pulau kecil dan tebing yang cukup curam yang disebut Pulau Timang.

Untuk bisa sampai ke pulau di Pantai Timang, salah satu caranya adalah menyeberanginya dengan jembatan.

Jembatan Pantai Timang dibentuk atas prakarsa penduduk setempat untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin pergi ke Pulau Timang. Jembatan ini dibuat setelah sesudah adanya kereta atau gondola.

Jadi, jembatan ini bisa jadi sebagai alternatif tempat wisata lain bagi pengunjung untuk pergi ke Pulau Timang. Sejak Maret 2017 jembatan di Pantai Timang mulai dibuka untuk para wisatawan umum.

Jembatan Pantai Timang dibangun oleh penduduk setempat yang juga pengelola Pantai Timang. Biaya yang dihabiskan warga untuk bisa membangun jembatan ini mencapai 50 juta rupiah.

Pulau Timang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang mendatanginya. Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini mempunyai pemandangan yang indah karena menghadap ke laut lepas.

Di pulau ini ada juga spot untuk memancing lobster yang biasanya dilakukan oleh penduduk setempat.

Keunikan inilah yang membuat banyak wisatawan yang penasaran ingin menguji adrenalin mereka untuk melintasi Pulau Timang.

Pengalaman melintasi jembatan Pantai Timang akan sangat berbeda dengan melintasi jembatan pada umumnya.

Setelah membeli tiket untuk memasuki jembatan, wisatawan akan menuju ke lokasi jembatan di ujung tebing. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 120 meter dengan ketinggian 12 meter di atas permukaan laut.

Tidak cukup sampai disitu, ketika melintasi jembatan Pantai Timang, wisatawan akan merasakan sensasi luar biasa yaitu ketika terkena angin. Tentu saja jembatan ini akan bergoyang.

Selain itu, di tengah perjalanan ketika melintasi jembatan Pantai Timang, wisatawan akan merasakan percikan air laut yang tentu saja akan membasahi seluruh tubuh.

Dalam melintasi jembatan Pantai Timang, wisatawan juga dituntut untuk tidak takut, karena jika sudah berada di tengah jembatan tidak akan ada jalan lain untuk sampai ke Pulau Timang atau sebaliknya tanpa harus melanjutkan.

Jembatan Pantai Timang saat ini merupakan salah satu tempat wisata adrenalin yang cukup menarik bagi para wisatawan.

Lokasi Jembatan Pantai Timang

Wisata Jembatan Pantai Timang

Lokasi Wisata Jembatan Pantai Timang berada di daerah Pantai Timang yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Jembatan Pantai Timang termasuk dalam wilayah paling timur pada peta pantai selatan Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngandong

Rute ke Jembatan Pantai Timang

Rute ke Jembatan Pantai Timang

Wisata Jembatan Pantai Timang terletak sama dengan Pantai Timang. Untuk dapat mengakses Jembatan Pantai Timang, wisatawan hanya dapat menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor atau dengan menyewa.

Akses ke Jembatan Pantai Timang sendiri tidak sebagus pantai-pantai lain di sekitarnya. Masih ada lubang dan rusak, jadi diperlukan kehati-hatian dalam perjalanan ke tujuan ini.

Setelah melewati garis pantai selatan utama Gunung Kidul, wisatawan akan dihadapkan dengan jalan pedesaan dengan bebatuan yang cukup curam.

Sekitar 2 km sebelum memasuki area Pantai Timang, penduduk setempat menyediakan tempat parkir dan layanan transportasi ke garis pantai.

Tempat parkir ini diperuntukkan bagi kendaraan wisata yang tidak bisa melewati jalan yang cukup curam, terutama jika hujan turun pada hari sebelumnya.

Untuk alasan ini, penghuni juga menyediakan layanan penyewaan jip dan ojek untuk wisatawan.

Rute menuju Jembatan Pulau Timang dari Kota Yogyakarta yang cukup mudah adalah melalui Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Gading – Kota Wonosari – Jalan Baron – Jalan Tepus – Jalan Pantai Selatan – Jalan ke Pantai Timang.

Jarak ke Jembatan Pantai Timang dari kota Yogyakarta adalah 72 KM, waktu tempuh normal menggunakan mobil atau motor adalah 2 jam 30 menit.

Fasilitas Jembatan Pantai Timang

Fasilitas Jembatan Pantai Timang

Mengingat Jembatan Pulau Timang cukup ekstrem, tentunya wisatawan yang akan menyeberang Pulau Timang akan ditemani oleh petugas manajemen.

Selain itu, wisatawan juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan yang termasuk dalam harga tiket masuk ke Jembatan Pulau Timang.

Fasilitas lain yang tersedia di sekitar Jembatan Pulau Timang adalah toilet, warung makan, tempat parkir dan beberapa tempat foto menarik.

Baca Juga: Wisata Pantai Samas

Harga Tiket Masuk dan Parkir Jembatan Pantai Timang

Harga Tiket Masuk dan Parkir Jembatan Pantai Timang

Harga tiket Jembatan Pantai Timang adalah Rp 100.000,00 untuk setiap orang, harga ini berlaku untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan asing biaya masuknya Rp 150.000,00.

Harga parkir sepeda motor di Pantai Timang adalah Rp. 3.000,00 dan untuk mobil adalah Rp. 5.000,00.

Perlu diketahui juga, bagi wisatawan yang tidak dapat mencapai Jembatan Pantai Timang dengan kendaraan pribadi mereka dapat menggunakan ojek atau menyewa jip.

Harga ojek untuk setiap penumpang dengan rute bolak-balik dari tempat parkir ke pantai adalah Rp. 50.000,00 sedangkan harga jip dengan kapasitas maksimal 4 orang adalah Rp. 350.000,00.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Jembatan Pantai Timang. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Jembatan Pantai Timang Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.