Wisata Gunung Kukusan

Posted on

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Gunung Kukusan yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jika Anda pernah mengunjungi kebun teh di desa Nglinggo, Kulonprogo, D.I. Yogyakarta. Anda juga harus mengunjungi gunung berapi karena gunung ini dibatasi oleh perkebunan teh di desa Nglinggo.

Anda bisa menikmati pemandangan sejuk jika Anda sudah berada di puncak gunung berapi ini tetapi menikmatinya tentu saja bukan teman seketika yang susah payah berada di puncak gunung berapi ini.

Anda juga bisa menikmati matahari terbit. Dari area parkir di kebun teh, pengunjung harus berjalan sekitar 200 meter atau 15 menit ke Gunung Kukusan melalui tanah dan jalan setapak berpasir.

Nantinya akan ada dua jalan setapak ke dua puncak yang berbeda. Jalan setapak ke kiri mengarah ke puncak Dempok yang lebih rendah. Sementara jalan setapak berjalan langsung ke puncak Kendeng, puncak tertinggi.

Kedua puncak memiliki pemandangan yang menarik dan indah. Biasanya banyak orang menghabiskan waktu di Puncak Dempok.

Alasannya adalah bahwa Puncak Dempok cukup luas dan ada beberapa kursi sederhana yang terbuat dari bambu. Agar pengunjung bisa duduk santai mengobrol, photoria, sambil menikmati pemandangan.

Bagi Anda yang datang mengunjungi pegunungan untuk berburu matahari terbit jangan khawatir karena sudah ada tempat parkir untuk kendaraan Anda yang praktis aman.

Jika Anda telah selesai menikmati matahari terbit, Anda dapat turun melewati jalan setapak selanjutnya menikmati kebun teh dekat gunung berapi.

Tidak hanya kebun teh dan gunung-gunung uap yang bisa dikunjungi. Terdapat juga beberapa tujuan wisata yang terletak tidak jauh dari pegunungan uap, Hutan Pinus, seperti Bukit Jaran, Bukit Widosari, Gardu Pandang, Watu Amben, dan Air Terjun Watu Jonggol.

Bila Anda mendatangi gunung berapi ini, harus memastikan dengan benar kondisi kendaraan yang akan Anda pakai, terutama rem karena Anda akan melewati jalan menanjak dan berliku.

Lokasi Gunung Kukusan

Wisata Gunung Kukusan

Lokasi gunung ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Lokasinya di Gunung Kukusan berada di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jaraknya sekitar 37,1 kilometer dan waktu tempuh sekitar 1 jam 5 menit.

Baca Juga: Wisata Bukit Kali Kuning

Rute ke Gunung Kukusan

Rute menuju gunung uap sangat mudah bagi Anda untuk mencapainya tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari pusat kota Yogyakarta Anda menuju ke barat di Jl. KH. Ahmad Dahlan.

Terus lalu Jl. R. E. Martadinata selanjutnya ke Jl. Wates lalu Jl. Yogyakarta selanjutnya ke Wates. Belok kiri ke Jl. Ringroad Barat selanjutnya Jl. Wates kemudian menuju Jl. Yogyakarta terakhir menuju Wates.

Belok kanan ke Jl. Sentolo – Brosot, Jl. Sentolo – Brosot belok kiri dan menjadi Jl. Pengasih / Jl. Welas Asih – Sentolo.

Kemudian ambil Jl. Pengasih – Sermo dan Jl. Sermo – Kokap ke Jl. Makan di Gunung Kukusan. Terus ke Jl. Purbowinoto. l. Purbowinoto belok sedikit ke kanan dan menjadi Jl. Welas Asih – Sermo.

Belok sedikit ke kanan menuju Jl. Sermo – Masak. Belok kanan untuk tetap di Jl. Sermo – Masak. Belok kanan ke Jl. Kokap.

Baca Juga: Wisata Bukit Lintang Sewu

Fasilitas

Fasilitas gunung berapi cukup memadai tetapi perlu dikembangkan lebih lanjut. Sebagai,

• Tempat parkir
  • Beberapa warung camilan dan minuman
  • Kursi untuk istirahat

Harga Tiket dan Parkir Gunung Kukusan

Harga tiket masuk sangat ramah untuk dompet Anda dan tidak membuat kanker, alias kantong kering. Anda hanya perlu menghabiskan Rp. 2.000, – dan untuk biaya parkir kendaraan juga Rp. 2.000, – saja.

Baca Juga: Wisata Bukit Pengilon

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Gunung Kukusan. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Magelang anda wajib memasukan Gunung Kukusan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.