Wisata Graha Sabha Pramana

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Graha Sabha Pramana yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketenaran kampus UGM (Universitas Gadjah Mada) telah mencapai pelosok negeri karena menghasilkan lulusan terbaik untuk membangun bangsa.

Seiring dengan ketenarannya, Universitas, yang mengambil namanya dari Patih Majapahit, juga memiliki area kampus yang cukup megah di daerah strategis Yogyakarta.

Graha Sabha Pramana tampaknya menjadi magnet bagi anak-anak kampus dan komunitas non-kampus untuk mengunjunginya. Jika melihat namanya sendiri tidak bisa dijelaskan apakah tempat ini benar.

Tetapi ketika Anda melihatnya secara langsung atau dari foto, Anda mungkin akan kagum melihat keindahan area Graha Sabha Pramana.

Graha Sabha Pramana UGM adalah sebuah bangunan besar yang berdiri di tengah-tengah kampus dan sebagai bangunan lanjutan bagi UGM, karena dari jalan utama maka akan segera muncul kemegahan bangunan ini.

Konsep bangunan arsitektur ini dari bangunan Jawa yaitu Joglo. Tetapi ukuran joglo dari Graha Sabha Pramana agak jumbo.

Graha Sabha Pramana sendiri dibangun dan diresmikan pada tahun 1994. Fungsi utama bangunan ini adalah sebagai ruang pertemuan.

Bangunan joglo megah ini memiliki 2 lantai utama, yaitu untuk lantai dasar berfungsi sebagai ruang pertemuan dengan kapasitas kecil.

Sedangkan untuk lantai dua memiliki fungsi yang lebih besar sebagai ruang utama yang memiliki kapasitas hingga 5.000 orang karena memiliki berdiri seperti stadion di sisi timur barat dan selatan.

Dengan memprioritaskan arsitektur Jawa, yaitu Joglo. Bangunan ini seperti joglo pada umumnya yang memiliki atap berbentuk trapesium.

Di interior juga, terutama untuk aula utama di lantai 2 memiliki pilar-pilar besar di tepi yang dilapisi kayu dan memiliki ukiran Jawa yang indah.

Lebih khusus untuk area pusat yang besar, tidak ada kutub pendukung yang ditemukan, sehingga dapat dipastikan bahwa bangunan Graha Sabha Pramana memiliki rencana pengembangan yang matang.

Untuk atap interior juga terlihat indah dengan lapisan kayu yang memiliki ukiran seperti ketika kita mengunjungi Joglo di Keraton Yogyakarta, tetapi memiliki dimensi yang lebih besar.

Bukan tanpa alasan, UGM, yang dikenal sebagai kampus biru, membangun gedung megah ini.

Fungsi utama gedung ini adalah untuk menampung acara yang paling sakral, wisuda, di mana setiap tahun UGM meluluskan ribuan mahasiswa yang dibagi menjadi 4 kali setiap tahun.

Universitas Gadjah Mada sebagai kampus besar tentu membutuhkan bangunan yang dapat menampung ribuan lulusan dan keluarga mereka yang hadir, jadi inilah alasan mengapa Graha Sabha Pramana dimanfaatkan.

Namun ternyata selain fungsi utama, Graha Sabha Pramana juga sering digunakan untuk acara-acara non-kampus.

Seperti mengadakan konferensi, seminar, pameran, pameran pekerjaan untuk mencari lowongan pekerjaan, hingga acara-acara yang lebih pribadi, yaitu pernikahan.

Memang, gedung besar ini siap menampung acara yang membawa banyak orang, sehingga area Gedung Sabha Pramana cukup sibuk setiap hari.

Namun selain keindahan bangunannya, ternyata Graha Sabha Pramana juga memiliki area eksterior yang indah di mana ia memiliki halaman depan yang besar yang dikelilingi oleh jalan-jalan besar dengan pepohonan dan taman yang indah.

Nah area luar ini sering digunakan oleh orang-orang untuk kegiatan non-formal, seperti untuk olahraga, pertemuan komunitas, atau hanya untuk menghabiskan waktu di sore hari.

Memang, pada sore hari, ada banyak orang yang melakukan kegiatan di sekitar Graha Sabha Pramana ini. Kita bisa melihat ratusan orang jogging di jalanan, bermain sepak bola di lapangan, atau kegiatan lainnya.

Selain itu, saat malam tiba, area Graha Sabha Pramana akan memberi kesan lain, yaitu suasana romansa kampus, Graha Sabha Pramana dilengkapi dengan puluhan / ratusan lampu taman yang indah dalam bentuk bola bundar dengan sinar kuning.

Sehingga area ini pada malam hari terlihat sangat romantis sekali, cocok untuk latar belakang fotografi.

Lokasi Graha Sabha Pramana

Wisata Graha Sabha Pramana

Lokasi Graha Sabha Pramana UGM sangat mudah ditemukan dan dijangkau, karena gedung ini berada di kampus Universitas Gadjah Mada.

Jika Anda melewati Jalan Kaliurang, Anda akan melihat area bangunan megah di sebelah timur jalan ini.

Lokasi objek wisata Graha Sabha Pramana UGM tepatnya iyalah di UGM, Caturtunggal, Karang Malang, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

Baca Juga: Wisata Sindu Kusuma Edupark

Rute ke Graha Sabha Pramana

Rute ke Graha Sabha Pramana

Rute ke Graha Sabha Pramana UGM sangat mudah dilalui. Jika Anda berasal dari area Stasiun Tugu Yogyakarta, maka Anda hanya perlu berjalan ke timur (area Kota Baru) melewati Jln. Abu Bakar Ali.

Kemudian setelah mencapai jalan memutar di area Stadion Kridosono, lalu ambil arah utara ke Jln. Suroto Sekarang terus lurus ke utara melewati Jln. Suroto dan melalui perempatan Gramedia.

Anda akan segera melihat kemegahan Graha Sabha Pramana ini.

Baca Juga: Heha Sky View Jogja

Fasilitas

Fasilitas di wisata Graha Sabha Pramana UGM cukup lengkap sebagai fasilitas umum. Berikut ini beberapa fasilitas pendukung seperti:

  • Toilet Umum
  • Tempat parkir luas
  • Alasan besar dan taman
  • Aula besar yang memiliki panggung dan berdiri di dalam
  • Dilengkapi dengan pencahayaan yang memadai di malam hari

Harga Tiket dan Parkir Graha Sabha Pramana

Harga Tiket dan Parkir Graha Sabha Pramana

Harga tiket masuk wisata Graha Sabha Pramana UGM gratis dan Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, kecuali jika Anda ingin menyewa gedung ini untuk sebuah acara.

Maka Anda diharuskan untuk menyewa gedung ini ke UGM Residence sebagai pengelola.

Harga sewa Graha Sabha Pramana saja mencapai puluhan juta, kabarnya saja mencapai 25 juta untuk menyewa aula utama di lantai 2. Sedangkan untuk harga parkir di kawasan Graha Sabha Pramana sendiri gratis.

Baca Juga: Wisata Taman Tebing Breksi

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Graha Sabha Pramana. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Graha Sabha Pramana Kedalam daftar kunjungan anda.

Terima kasih sudah mampir di artikel kami, sampai jumpa di artikel kami yang lainnya dan jangan lupa jaga selalu kebersihan dimanapun kalian berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read