Wisata Goa Kiskendo

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Goa Kiskendo yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak daerah yang menyimpan banyak tujuan wisata yang indah. Salah satu daerah ada di daerah Kulon Progo.

Ada berbagai macam objek wisata alam di Kulon Progo sehingga wisatawan dapat menikmati pesona keindahannya. Salah satu objek wisata alam adalah Gua Kiskendo.

Gua Kiskendo adalah sebuah gua di pegunungan Menoreh. Gua ini terletak di atas ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut dan berada di tengah hutan, tetapi hutan telah menjadi alternatif pemukiman dan jalan.

Suasana di Goa Kiskendo sangat dingin dan dingin. Gua Kiskendo ditemukan pada tahun 1820, kemudian pada tahun 1964 gua ini digunakan sebagai obyek wisata religi.

Kemudian pada 1974-1975 Kantor Pariwisata Yogyakarta mengembangkan Gua Kiskendo menjadi tempat wisata yang dikelola secara resmi. Gua ini diresmikan pada tahun 1979.

Asal usul Gua Kiskendo menurut mitos yang diyakini oleh masyarakat adalah kerajaan guwa kiskenda yang dipimpin oleh Prabu Mahesasura yang merupakan saudara kandung dari Jatasura dan Patih Lembusura yang merupakan adiknya.

Menurut mitos, mereka berdua adalah makhluk yang memiliki kekuatan magis.

Mahesasura digambarkan dengan makhluk berkepala kerbau dan Lembusura digambarkan dengan makhluk berkepala sapi yang keduanya memiliki tubuh manusia tinggi dan besar.

Tetapi meskipun mereka memiliki kekayaan dan kemuliaan, mereka memiliki sifat serakah dan sombong yang akhirnya menghancurkan diri mereka sendiri.

Prabu Mahesasura, yang merasa bisa menaklukkan raja keturunan para dewa, memerintahkan adik lelakinya, Lembusura, untuk melamar Tara, yang merupakan wanita cantik dari Bathara Indra.

Tetapi Dewi Tara tidak menerima lamarannya dan membuat Prabu Mahesasura dengan Lembusura merasa terhina dan menghancurkan surga sementara Dewi Tara dibawa ke bumi.

Itu membuat para dewa memutuskan untuk meminta bantuan Subali, yang merupakan putra dari gotama bijak yang pada saat itu dipenjara di gua untuk menebus perbuatannya.

Berikut ini adalah cerita pendek dari asal-usul Gua Kiskenda, tetapi ceritanya belum selesai, jika Anda ingin mengetahui cerita lengkapnya, Anda dapat mengunjungi Gua Kiskendo di Kulon Progo.

Terlepas dari ada atau tidaknya misteri dan mitos tempat ini, Gua Kiskendo memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di Goa, ada boneka-boneka bantuan yang menggambarkan kejadian itu.

Gua ini terbentuk karena infiltrasi air yang telah ada selama ratusan tahun yang memiliki panjang kurang dari 600 m dengan banyak jalan bercabang dan cahaya redup.

Di Gua Kiskendo, ada beberapa tempat bermeditasi, yaitu Tledek, Kusuma, Padasan, Sabtri Tani, Semelong, Selumbung, Lumbung Kampung, dan banyak lagi lainnya.

November lalu, di dekat Goa Kiskendo, digunakan sebagai tema perwakilan girimulyo di HUT Republik Indonesia dan menggelar balet yang mengisahkan Sugriwa dan Subali.

Lokasi Goa Kiskendo

Wisata Goa Kiskendo

Lokasi objek wisata Goa Kiskendo cukup terjangkau dan mudah ditemukan, tetapi lokasi Goa Kiskendo jauh dari pusat kota Jogjakarta.

Alamat tepatnya di Jalan Goa Kiskendo, Girimulyo, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Goa Kiskendo

Rute ke Goa Kiskendo

Rute ke objek wisata alam Goa Kiskendo cukup mudah dijangkau dan jalan menuju objek wisata alam Goa Kiskendo layak untuk dilalui, tetapi masih ada beberapa jalan terjal.

Jika Anda dari pusat 0 km Kota Jogjakarta ke barat melalui Jl Khmad Ahmad Dahlan langsung menuju Jl Wates, maka sampai persimpangan ke utara melewati Jl Siliwangi terus lurus.

Lalu sampai perempatan lain ke Barat melewati Jl Godean lurus lalu terus ke Jalan Raya Kaligesing, ikuti jalan maka Anda akan sampai ke tur Goa Kiskendo.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota Jogja ke Gua Kiskendo cukup jauh, yaitu sekitar 30,6 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan roda dua dari pusat Kota Jogja yang 0 km ke Goa Kiskendo adalah sekitar 1 jam 3 menit .

Baca Juga: Wisata Goa Jepang Bantul

Daya Tarik Goa Kiskendo

Daya Tarik Goa Kiskendo

Objek Wisata Goa Kiskendo di Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan dalam bentuk stalaktit dan stalagmit yang terdapat pada gua-gua yang membentuk gugusan yang sangat indah.

Ada cerita menarik di balik keberadaan Gua Kiskendo ini, di mana menurut sebuah mitos yang diyakini oleh masyarakat, Gua ini adalah tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali.

Gua ini terletak di alam terbuka dan merupakan gua alami yang memiliki latar belakang cerita. Bagian dalam gua ini cukup besar dan ada banyak cekungan di dinding gua yang digunakan untuk meditasi.

Gua Kiskendo memiliki kisah legendaris. Dahulu kala gua ini adalah gua yang menjadi rumah bagi dua makhluk raksasa bernama Mahesasura dan Lembusura.

Mahesura adalah raksasa dengan kepala kerbau sedangkan Lembusura adalah raksasa dengan kepala sapi.

Gua ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga tidak mengherankan bahwa udara di sekitar gua ini sangat sejuk dan nyaman Goa Kiskendo selalu lembab dan gelap.

Untuk menjelajahi setiap sudut gua biasanya kita akan dipandu oleh juru kunci yang akan menjelaskan setiap detail gua.

Yang menarik dari gua ini adalah keberadaan sungai yang konon tidak pernah surut meski musim kemarau.

Ketika ada pertempuran antara Mahesasura dan Lembusura dan Subali, sungai itu mengalir merah dan putih.

Warna merah adalah darah Mahesasura dan Lembusura sedangkan warna putih berasal dari darah Subali.

Baca Juga: Wisata Goa Gelatik

Fasilitas

Fasilitas yang ada di objek wisata Goa Kiskendo cukup memadai dan fasilitas ini dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, termasuk fasilitas:

  • Area parkir
  • Jendela tiket
  • Beberapa warung
  • Tempatkan informasi
  • Papan informasi
  • Taman bermain untuk anak-anak
  • Taman bermain keluarga
  • Panggung seni
  • Toilet
  • Gazebo

Harga Tiket dan Parkir Goa Kiskendo

Harga Tiket dan Parkir Goa Kiskendo

Harga tiket masuk ke Goa Kiskendo cukup murah, untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Goa Kiskendo hanya akan dikenakan biaya Rp. 5.000 per orang.

Dengan harga ini, Anda dapat melakukan perjalanan keagamaan di Goa Kiskendo.

Sedangkan untuk harga tiket parkir untuk wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Goa Braholo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Goa Kiskendo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Goa Kiskendo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.