Wisata Bunker Kaliadem

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Bunker Kaliadem yang ada di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Di balik Gunung Merapi yang ganas ketika letusan itu ternyata menyelamatkan keindahan alam yang mempesona di sekitarnya.

Sayangnya, tidak sedikit tempat yang akhirnya hanya hidup sebagai saksi bisu keganasan letusan Gunung Merapi.

Meskipun demikian, keeksotisan serta keelokan kawasan wisata Gunung Merapi selalu sukses membius pengunjung untuk dapat mengunjungi tempat wisata ini.

Bunker Kaliadem Merapi tidak luput dari keganasan letusan sampai akhirnya menghancurkan apa yang ada di sekitarnya. Sekarang hanya sisa-sisa pasir dan batuan vulkanik yang menjadi saksi bisu.

Namun, tempat ini dianggap sebagai salah satu tempat paling populer bagi wisatawan untuk berburu foto.

Sekilas Tentang Bunker Kaliadem

Wisata Bunker Kaliadem

Lokasi objek wisata Kaliadem ini terletak di lereng selatan Gunung Merapi tepat di atas rumah Mbah Maridjan yang merupakan mantan juru kunci Gunung Merapi.

Lokasinya berada tepat di ketinggian 2.963 meter di atas permukaan laut sehingga udara di sekitarnya tetap terasa sejuk dan segar.

Sebelumnya, Kaliadem digunakan sebagai tempat perkemahan bagi pendaki serta tempat wisata bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan Merapi dari dekat.

Tempat yang luas dengan panorama keindahan alamnya menjadi daya tarik utama objek wisata ini di masa lalu.

Ketika bencana alam terjadi pada 2006, daerah ini hancur dan merenggut beberapa nyawa.

Dua korban jiwa ditemukan di bunker bawah tanah yang memiliki luas 12 x 8 meter dengan kedalaman 3 meter dalam kondisi bekas luka bakar akibat wedhus sampah atau awan panas.

Belum sepenuhnya pulih dari kondisi setelah erupsi saat itu, pada 2010 ada lagi erupsi yang meratakan Kaliadem. Selama letusan, 43 orang meninggal termasuk Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi.

Dan sekarang para turis hanya bisa melihat hamparan pasir dan batu vulkanik yang menjadi saksi bisu acara tersebut.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tuwondo

Panorama Wisata Bunker Kaliadem

Panorama Wisata Bunker Kaliadem

Tidak dapat dipungkiri jika klokasi wisata di sekitar lereng Gunung Merapi selalu saja memberikan panorama mempesona yang sangat indah.

Ketika Anda berada di tempat ini sejauh mata dapat melihat semua yang terlihat adalah puing-puing batu di hamparan pasir yang luas.

Padahal area ini dulunya merupakan tempat favorit bagi pendaki gunung untuk mendirikan tenda.

Di daerah ini wisatawan akan menemukan bunker yang menyimpan banyak sejarah dan merupakan saksi bisu kehidupan dua relawan ketika letusan terjadi.

Luas 25 hektare masih asri dengan keberadaan hutan pinus di sekitarnya. Hal menarik lain yang akan didapat wisatawan saat menikmati udara sejuk di sini adalah kegiatan Tur Lava.

Kegiatan ini akan memberikan pendidikan bagi wisatawan yang datang untuk mengetahui dan memahami seberapa kuat letusan Gunung Merapi.

Pengunjung juga dapat melihat puncak Gunung Merapi dengan jarak yang sangat dekat yaitu sekitar 2 km dari puncak.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Spot Foto Menarik di Bunker Kaliadem

Spot Foto Menarik di Bunker Kaliadem

Liburan hari ini adalah hal pertama yang paling dicari di tempat-tempat wisata yang dikunjungi adalah tempat-tempat foto yang menarik.

Berikut adalah beberapa tempat menarik yang dapat ditemukan wisatawan di Bunker Kaliadem Merapi:

  • Di tengah hamparan pasir dan batu vulkanik dengan latar belakang Gunung Merapi di belakangnya
  • Tangga menuju bunker bawah tanah
  • Di depan tempat itu tertulis “Kaliadem Bunker”

Lokasi Bunker Kaliadem

Lokasi Bunker Kaliadem

Jika dari kota Yogyakarta, lokasi ini memiliki jarak tempuh kurang lebih satu jam perjalanan dengan kendaraan mobil. Tetapi kendaraan pribadi cuma diperbolehkan sampai ke Desa Kinahrejo.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyewa jip yang dapat memuat 6 orang, menyewa jejak, atau naik ojek.

Secara administratif Bunker Kaliadem terletak di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Wisata Grojogan Lepo Dlingo

Rute ke Lokasi Bunker Kaliadem

Lokasi Bunker Kaliadem Merapi berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta dan dapat dicapai dalam waktu kurang dari 1 jam dari pusat Kota Jogja.

Pengunjung dapat datang setiap hari ke objek wisata ini mulai dari pukul 07.00 hingga selesai.

Untuk sampai ke tempat wisata Kaliadem, rute yang dapat dilalui adalah dari pusat Kota Jogja – terus lurus menuju Jalan Kaliurang – terus lurus hingga Anda menemukan pertigaan Pakem – ambil arah yang benar (arah timur) – belok ke arah utara – ikuti petunjuk ke Kaliadem.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan harus selalu berhati-hati karena jalannya cukup curam.

Jika Anda datang dari luar kota, Anda dapat memanfaatkan penyewaan sepeda motor atau layanan penyewaan mobil di Jogja yang biasanya ditawarkan oleh agen tur dan wisata.

Fasilitas

Bagi Anda yang mengunjungi Kaliadem, Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang disediakan. Di sini disediakan berbagai fasilitas pendukung, yaitu:

  • Warung makanan dan minuman
  • Toilet dan ruang sholat
  • Tur lahar

Harga Tiket untuk Bunker Kaliadem

Tidak perlu khawatir liburan mahal karena wisatawan yang ingin datang berkunjung ke Bunker Kaliadem Merapi tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak.

Berikut ini adalah tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika Anda ingin mengunjungi Kaliadem Merapi:

  • Tiket masuk regional: IDR 10.000,00 per orang
  • Parkir kendaraan: IDR 5.000,00
  • Tiket Tur Lava untuk rute pendek: Rp350.000,00
  • Rute panjang tiket Tur Lava: IDR 650.000,00

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Bunker Kaliadem Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read

Wisata Bukit Lintang Sewu

Bang Yolan
2 min read