Wisata Bukit Teletubbies

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Bukit Teletubbies yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bukit Teletubbies sesuai dengan namanya termasuk dalam jenis wisata bukit atau di bukit.

Jangan salah paham, tujuan wisata ini bukan dalam bentuk gundukan bukit hijau mirip dengan serial televisi Teletubbies.

Tetapi dalam bentuk pos pengamatan yang terletak di atas atau di timur kubah rumah kawasan wisata atau sering disebut teletubbies rumah.

Rumah kubah sering disebut rumah teletubbies karena bentuknya setengah bulat seperti rumah di televisi serial teletubbies.

Oleh karena itu bukit ini disebut Bukit Teletubbies karena lokasinya yang masih satu area dengan rumah kubah atau teletubbies.

Dengan lokasinya di atas bukit, Bukit Teletubbies menyimpan berbagai keindahan, terutama keindahan panorama atau lanskap kota Yogyakarta.

Meskipun tidak terlalu tinggi, ia masih memiliki keindahannya sendiri, terutama untuk melihat pemandangan Rumah Kubah yang terlihat seperti telur yang berjejer ketika dilihat dari atas dan ketika malam tiba Anda dapat melihat matahari terbenam jika cuaca cerah. Bukit Teletubbies.

Awalnya Bukit Teletubbies hanyalah ladang milik warga setempat yang ditumbuhi berbagai tanaman palawija yang sengaja ditanam untuk kebutuhan makanan sehari-hari.

Hingga saat itu pengelola wisata Rumah Domes melihat peluang tempat itu menjadi tempat wisata untuk menjadi Bukit. Teleubies.

Awalnya pembukaan tempat ini sebagai tempat wisata hanya ada gazebo sederhana dan beberapa bangku untuk tempat duduk.

Hingga kini telah dibuat menara pandang atau gardu pandang serta taman dan gazebo yang sangat nyaman untuk mendukung pengunjung yang datang ke Bukit Teletubbies.

Untuk pergi ke Teletubbies Hill Anda disarankan agar memakai sepeda motor.

Meskipun mobil bisa melewati jalan ke Teletubbies Hill, tetapi kondisi atau keadaan jalan yang sempit dan menanjak akan menyusahkan bagi Anda yang datang untuk menggunakan mobil.

Apalagi jika Anda menabrak mobil lain dari arah yang berlawanan, itu akan sangat berbahaya karena jalannya yang sempit.

Selain itu, jika Anda adalah seseorang yang tertarik untuk hiking, Anda dapat berjalan kaki dari rumah kubah ke Bukit Teletubbies.

Dibutuhkan sekitar 1 jam untuk sampai ke puncak bukit, Anda juga dapat menggunakan sepeda untuk sampai ke tempat ini.

Ketika hari Minggu tiba, biasanya wisatawan dengan hobi bersepeda banyak datang ke Teletubbies Hill, tidak peduli jalan menanjak mereka masih menikmati perjalanan.

Tidak heran karena sepanjang jalan menuju Teletubbies Hill akan terbentang pemandangan indah khas pedesaan.

Selain pos melihat ada font raksasa atau tulisan yang bertuliskan Bukit Teletubbies yang dapat digunakan sebagai tempat bagi Anda untuk mengambil foto diri atau selfie.

Selain itu ada juga gazebo atau gubuk yang bisa dijadikan tempat berlindung dari panasnya sinar matahari atau sekadar untuk duduk dan beristirahat menikmati semilir angin di atas bukit.

Ada juga panggung kecil yang bisa digunakan oleh pengelola untuk memegang sebuah acara atau pertunjukan seni di atas bukit Teletubbies.

Bukit Teletubbies selain karena dekat dengan kubah wisata rumah, cukup dekat dengan tujuan wisata lainnya seperti Kuil Ijo dan Tebing Breksi sehingga Anda tidak perlu khawatir jika Anda akan melanjutkan tur berikutnya di sekitar Bukit Teletubbies.

Lokasi Bukit Teletubbies

Wisata Bukit Teletubbies

Lokasi Bukit Teletubbies bisa dikatakan cukup jauh dari pusat kota Jogja, yang terletak di sebelah timur kota Jogja.

Alamat persis Bukit Teletubbies adalah di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Hutan Pinus Pengger

Rute ke Bukit Teletubbies

Rute ke Bukit Teletubbies

Rute ke Bukit Teletubbies dapat diambil dari arah kota Yogyakarta, untuk rute dari kota Yogyakarta.

Anda harus melakukan perjalanan ke Jalan Jogja-Wonosari sampai persimpangan Piyungan dan kemudian Anda berbelok ke kiri atau ke utara untuk masuk Jalan Prambanan-Piyungan.

Untuk menemukan tanda Rumah Domes Teletubbies. Belok kanan terus ikuti jalan sampai Anda mencapai Rumah Domes, lalu menuju ke timur dan tiba di bukit Teletubbies

Jarak dari Kota Jogja ke Bukit Teletubbies sekitar 19,5 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Candi Ijo adalah sekitar 54 menit.

Fasilitas Bukit Teletubbies

Fasilitas Bukit Teletubbies

Fasilitas yang ada di Bukit Teletubbies dapat dikatakan baik untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung, termasuk:

  • Toilet
  • Parkir
  • Photo Spot
  • Gazebo
  • Tampilan Substation
  • Mushola

Baca Juga: Wisata Watu Goyang

Harga Tiket Masuk dan Parkir Bukit Teletubbies

Harga Tiket Masuk dan Parkir Bukit Teletubbies

Harga tiket masuk Bukit Teletubbies bisa dikatakan masih sangat terjangkau untuk semua kelompok.

Untuk dapat memasuki area Bukit Teletubbies saat ini, Anda akan dikenakan biaya tulus dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Watu Ngadek

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Bukit Teletubbies. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Bukit Teletubbies Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read