Wisata Air Terjun Tuwondo

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Air Terjun Tuwondo yang ada di Kabupaten Sleman daerah istimewa Jogjakarta.

Di Kabupaten Bantul memang ada banyak tujuan wisata yang indah dan menakjubkan yang cocok untuk bepergian. Salah satu tujuan di Bantul adalah Air Terjun Tuwondo.

Air Terjun Tuwondo adalah air terjun yang masih dalam pengembangan objek wisata berbasis pedesaan.

Asal usul nama Air Terjun Tuwondo didasarkan pada kata “tu” yang berarti watu alias batu dan kata “ondo” yang berarti tangga. Disebutkan demikian karena air terjun ini bertingkat-tingkat dan menyerupai tangga.

Air terjun ini memiliki bentuk air terjun dengan level tiga dan terbagi menjadi dua aliran. Setiap level memiliki ketinggian sekitar 3 hingga 5 meter.

Di sekitar air terjun ada banyak pohon jati dan semak belukar. Batuan yang ada di jalan adalah andesit dan batu kapur.

Sementara di kawasan wisata akan ada banyak permohonan untuk memperhatikan larangan dinding batu di sekitar air terjun.

Cuaca sangat mempengaruhi debit air di Air Terjun Tuwondo. Selama musim hujan, aliran air akan deras dan terlihat sangat indah. Namun, jika musim kemarau, air terjun akan mengering hampir tanpa air.

Air Terjun Tuwondo memang tidak begitu jernih dibandingkan dengan air terjun lainnya di Bantul atau Kulon Progo.

Di daerah ini airnya sedikit merah kecoklatan karena adanya partikel halus dari tanah merah di mana ada banyak air terjun.

Selain itu ada juga tanah sedimen yang tidak hanyut di dasar aliran air terjun. Sebelum kawasan ini dibuka sebagai kawasan wisata, air terjun Tuwondo ini adalah tempat untuk memandikan sapi-sapi warga setempat.

Namun, karena mereka melihat potensi potensial untuk tempat wisata, penduduk setempat berhenti mandi sapi di daerah ini karena kegiatan ini pasti akan mengganggu para pengunjung.

Apa Itu Air Terjun Tuwondo?

Wisata Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo atau dalam bahasa Jawa disebut Grojogan Tuwondo adalah salah satu air terjun baru di daerah Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

Air Terjun Tuwondo berada di daerah pedesaan yang masih dalam tahap mengembangkan tujuan wisata.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo

Lokasi Air Terjun Tuwondo

Lokasi Air Terjun Tuwondo

Lokasi Air Terjun Tuwondo baik dan mudah bagi pengunjung untuk pergi ke Air Terjun Tuwondo. Namun lokasi Air Terjun Tuwondo cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat Air Terjun Tuwondo tepatnya di Kampung Lemah Abang, Dusun B Tanya, Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Air Terjun Tuwondo

Rute ke Air Terjun Tuwondo

Rute menuju Air Terjun Tuwondo sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta di sebelah timur pergi melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Panembahan Senopati.

Kemudian di perempatan selatan ke Brigjen Katamso, kemudian ke perempatan timur ke Jalan Kolonel Sugiyono, terus lurus di pertigaan ke selatan menuju Jalan Sisisngamangaraja.

Kemudian terus ke Jalan Imogiri Barat, kemudian sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Nasional III, terus lurus sampai perempatan ke selatan ke Jalan Imogiri Timur.

Kemudian terus lurus di Jalan Imogiri Timur, sampai perempatan ke arah timur menuju Monumen Jalan Perjuangan.

Kemudian terus lurus hingga perempatan ke selatan ke Jalan Pleret, di pertigaan timur ke Jalan Sitimulyo Segoroyoso, kemudian ikuti jalan hingga Anda akan mencapai Air Terjun Tuwondo.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Air Terjun Tuwondo cukup dekat, yaitu sekitar 14,3 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Air Terjun Tuwondo adalah sekitar 34 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Luweng Sampang

Fasilitas

Kawasan Wisata Air Terjun Tuwondo belum memiliki fasilitas yang memadai.

Di sini hanya ada beberapa kursi panjang yang terbuat dari bambu yang disediakan untuk beristirahat dan duduk di sekitar para pengunjung.

Meski fasilitas di sini masih minim, di sekitar lokasi Air Terjun Tuwondo masih ada kamar mandi umum yang bisa digunakan pengunjung.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Tuwondo

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Tuwondo

Karena objek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat dalam hal ini pemuda Karangtaruna, maka di daerah ini tidak ada biaya resmi untuk masuk atau parkir di wisata Air Terjun Tuwondo ini.

Sebagai gantinya, pengunjung akan membayar biaya tulus untuk memajukan daerah wisata Air Terjun Tuwondo.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Pantai Jogan

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Air Terjun Tuwondo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Air Terjun Tuwondo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.