Wisata Air Terjun Tlogo Muncar

Posted on

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Air Terjun Tlogo Muncar yang ada di Kabupaten Sleman daerah istimewa Jogjakarta.

Yogyakarta memiliki banyak objek wisata alam yang ada di beberapa daerah di Yogyakarta. Objek wisata alam yang ada mulai dari pantai yang indah, gua, bukit hingga air terjun.

Dan semua objek wisata alam tetap dipertahankan keaslian dan keindahannya. Salah satu obyek wisata alam yang masih dipertahankan keindahan dan keasliannya adalah Air Terjun Tlogo Muncar.

Air Terjun Tlogo Muncar adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Sleman. Objek wisata ini berada di lereng Gunung Merapi, itu membuat suasana di sekitar Air Terjun sejuk.

Air Terjun Tlogo Muncar memiliki ketinggian sekitar 30 hingga 40 meter dan terletak di ketinggian 878 meter di atas permukaan laut, itu membuat suhu air terjun sekitar 20 hingga 25 derajat Celcius.

Meski suhunya dingin, tetapi Anda tidak akan kecewa ketika mengunjungi Air Terjun. Karena Air Terjun Tlogo Muncar memiliki air yang segar dan jernih.

Air di Air Terjun Tlogo Muncar berasal dari lereng Bukit Plawngan yang letaknya tidak terlalu jauh dari air terjun. Namun selama musim kemarau aliran airnya tidak cukup deras dibandingkan dengan saat musim hujan.

Pada Air Terjun Tlogo Muncar tersedia taman rekreasi anak-anak, oleh karena itu Anda bisa membawa anak anda untuk mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar agar dapat menikmati udara sejuk di Kaliurang Jogja.

Selain itu Anda juga bisa mengabadikan momen dengan mengambil gambar di air terjun. Di sekitar air terjun ada juga monyet liar yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang.

Di Kaliurang Waterfall juga menyediakan lahan untuk berkemah, bagi Anda yang hobi kegiatan berkemah. Area perkemahan ini sering digunakan oleh siswa untuk kegiatan keluarga atau malam keintiman.

Dengan berkemah di daerah Kaliurang Anda dapat menikmati keindahan alam di malam hari dan menikmati suhu di sekitar yang sangat dingin.

Air Terjun Tlogo Muncar dipercaya oleh penduduk setempat sebagai tempat yang pernah digunakan oleh seorang putri dari kerajaan Majapahit bernama Dewi Condrokirono.

Ada juga yang percaya bahwa mandi di air terjun bisa membuat wajah awet muda. Air yang dimiliki oleh Air Terjun Tlogo Muncar juga bisa menghilangkan kepenatan.

Apa itu Air Terjun Tlogo Muncar?

Wisata Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar adalah salah satu objek wisata alam di wilayah Kaliurang.

Wisatawan yang mengunjungi tempat ini dapat mencoba berbagai wahana, melihat pertunjukan seni setiap hari Minggu, atau trekking di sepanjang jalan setapak di hutan.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tuwondo

Hal-hal Menarik di Air Terjun Tlogo Muncar

• Di Tlogo Muncar ada panggung hiburan. Setiap minggu akan ada kelompok seni, baik seni tradisional dan orkestra dangdut, tampil di atas panggung. Turis yang akan menonton pertunjukan ini tidak dikenai biaya.
  • Bagi penggemar wisata kuliner, di daerah sekitar Tlogo Muncar ada banyak warung yang menjual aneka kuliner khas Kaliurang seperti jadah tempe, sate kelinci, hingga tongseng kelinci kopyok.
  • Untuk penggemar kegiatan di luar ruangan, Anda dapat melakukan trekking di sepanjang jalan untuk memasuki hutan dan mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar dan Watu Kemloso.
  • Kawasan Tlogo Muncar juga merupakan base camp bagi operator Tur Lava Merapi. Jadi jika Anda ingin melakukan perjalanan menyusuri sisa-sisa letusan Merapi menggunakan jeep willys, silakan datang ke Tlogo Muncar.

Lokasi Air Terjun Tlogo Muncar

Lokasi wisata alam Air Terjun Tlogo Muncar mudah diakses dan mudah ditemukan karena jalan menuju Air Terjun Tlogo Muncar layak untuk dilewati.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Tlogo Muncar, Hargobinangun, Pakem, Kawasan Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Air Terjun Tlogo Muncar

Rute yang harus Anda ambil untuk mencapai Air Terjun Tlogo Muncar cukup terjangkau, tetapi ada beberapa jalan yang menanjak, jadi jika Anda ingin mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar diharapkan berhati-hati.

Jika Anda pergi dari pusat Yogyakarta ke barat melalui Jl Khmad Ahmad Dahlan.

Maka sampai persimpangan berbelok ke utara melewati Jl Letjen Suprapto terus lurus kemudian belok kanan melewati bundaran menuju jalan tentara siswa.

Kemudian terus lurus melewati Jalan Magelang terus lurus melewati bundaran, lalu ke utara sampai persimpangan membelok ke timur melewati jl gito gati.

Sampai persimpangan berbelok ke utara melewati jl griya Taman sari belok lurus kemudian belok kanan.

Sampai persimpangan melewati utara melewati jalan jogja-turi lalu sampai persimpangan belok kanan melewati jl turi, sampai persimpangan belok ke utara melewati jl boyong, ikuti jalan maka Anda akan sampai ke Air Terjun Tlogo Muncar.

Jarak tempuh dari pusat Jogja ke Air Terjun Tlogo Muncar cukup jauh, yaitu sekitar 29,3 kilometer dan waktu tempuh kendaraan roda dua dari pusat Kota Jogja ke Air Terjun Tlogo Muncar adalah sekitar 1 jam 3 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Fasilitas

Fasilitas di objek wisata Air Terjun Tlogo Muncar cukup memadai dan fasilitas ini dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas tersebut meliputi:

• Ada tempat parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Beberapa gazebo untuk turis beristirahat
  • Beberapa warung makan minum air terjun sidekitar
  • Di sekitar air terjun ada juga beberapa penginapan.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Air Terjun Tlogo Muncar

Tiket masuk besar untuk memasuki objek wisata alam Air Terjun Tlogo Muncar sangat standar, bagi Anda yang ingin mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar, dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 8000 per orang.

Dengan harga ini Anda bisa bebas melakukan aktivitas dengan kepuasan. Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Air Terjun Tlogo Muncar Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Air Terjun Tlogo Muncar Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.