Pulau Pahawang Pesawaran Lampung

3 min read

Indahnya Surga di Pulau Pahawang Pesawaran Lampung – Ini salah satu daya tarik luar biasa yang belum banyak orang tahu. Surga bagi Anda yang gemar menyelam menikmati keindahan bawah laut. Pulau Pahawang Pesawaran Lampung ini harus Anda kunjungi.

Bisa dikatakan bahwa Pulau Pahawang merupakan tempat wisata untuk Snorkeling paling bagus yang dimiliki Lampung.

Keindahan terumbu karang juga berpadu dengan indahnya hamparan pasir pantai yang putih. Pulau ini banyak dikunjungi menjelang liburan akhir tahun dan hari besar lainnya.

Bahkan membuat harga sewa perahu dan perlengkapan menjadi naik. Seperti apa seru dan indahnya berwisata di Pulau Pahawang? Madi kita bedah bersama…

Pulau Pahawang Pesawaran Lampung

Pulau Pahawang  berlokasi di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Nama ini juga sekaligus merupakan nama desa yang dihuni sekitar 400 kk  tersebut. Luas pulau ini adalah 1.084 Ha.

Pulau Pahawang Pesawaran Lampung

Rute ke Pulau Pahwang tidak terlalu sulit. Titik tujuan pertama Anda adalah Dermaga Ketapang di Gebang, Pesawaran.

Di dermaga ini banyak terdapat perahu sewa plus peralatan menyelam. Dermaga ini juga masih masuk kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran.

Perjalaan dari Bandar Lampung Anda mulai dengan berkendara ka arah barat daya menuju Teuk Betung barat.

Ikuti saja petunjuk arah ke Teluk Betung atau Padang Cermin. Dari Teluk, mengikuti Jl. RE Martabinata melewati beberapa lokasi wisata Lampung, yaitu Pantai Puri Gading – Pantai Duta Wisata – Pelelangan Ikan Lempassing – Pantai Queen Artha dan Pantai Mutun.

Sampai Pantai Mutun lanjutkan perjalana sampai Pantai Sari Ringgung dan sekitar 10 menit kemudian Anda sudah sampai Dermaga Pelabuhan Ketapang.

Tepatnya di arah kiri Jalan dari Bandar Lampung Anda akan melihat plang tulisan “Penyeberangan ke Pulau Pahawang”.

Sementara itu jika Anda dari Bakauheni, maka perjalanannya mengikuti Jalan Lintas Sumatera menuju ke Teluk Betung.

Sedangkan jika Anda yang dari luar Lampung masuk via pesawat ke Bandara Raden Intan II, Branti, maka rutenya juga menyusuri Jalan Lintas Sumatera menuju ke Bandar Lampung lalu ke Teluk Betung.

Kendaraan Anda bisa diparkir di tempat yang tersedia di pelabuhan ini. Ongkosnya sekitar Rp.15.000,-/hari untuk mobil.

Sedangkan motor tarifnya mulai Rp.10.000,- perharinya. Perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu. Perjalanan normal dari Ketapang ke Pahawang, tanpa mampir ke Pulau Kelagian adalah 40 menit.

Harga sewa perahu pada hari normal, bukan liburan dan akhir pekan biasnya Rp300-500 ribuan perhari pergi pulangnya. Dengan harga sewa ini, Anda juga berhak untuk mempir di beberapa pulau lainnya sebelum ke Pulau Pahawang.

Pulau-pulau tersebut secara berurutan adalah Pulau Kelagian, Pahawang Besar, dan pahawang Kecil. Anda tak akan puas jika hanya berwisata sehari saja untuk menjelajah ketiga pulau tersebut karena semuanya indah.

Di Pulau Kelagian, Anda bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih. Ada banyak spot menarik untuk berfoto disini.

Kegiatan Rekreasi Apa Saja di Pulau Pahawang?

1. Snorkeling

Begitu sampai Pahwang, Anda bisa berenang sepuasnya. Jika dari awal perjalanan Anda telah menyewa peralaan Snorkeling/selam, saat inilah Anda beraksi.

Perahu akan berhenti di laut dekat pantai, lalu Anda dipersilakan turun dari sini untuk selanjutnya berenang ke pantai sambil menikmati pemandangan bawah laut.

Dalamnya air hanya 2 – 3 meter saja. Dan bagi Anda yang belum lihati berenag bisa menyewa pelampung agar tetap bisa menikmati pengalaman Snorkeling.

Harga sewa peralatan Snorkeling sendiri adalah Rp.40.000,-/hari untuk satu set peralatan berisi pelampung, alat Snorkeling, dan sepatu katak.

Oh ya, sebenarnya di Pulau Kelagian pun Anda bisa melakukan Snorkeling, begitu juga di Pulau Pahwang kecil. Semuanya menjanjikan pengalaman menyelam yang menyenangkan.

2. Memberi Makan Ikan

Pulau Pahawang besar menyuguhkan keindahan terumbu karang bawah laut yang dilengkapi ikan-ikan warna warni. Bawalah kue atau roti dan tebarkan ke sekitar tempat Anda berenang.

Maka Anda akan menikmati pemandangan ikan-ikan yang berseliweran di sekitar Anda memakan roti atau kue yang Anda tebar.

3. Berenang Bersama Si Kecil di Pantai Pahawang Kecil

Pulau Pahwang Kecil adalah destinasi terakhir dalam kunjungan Anda ke jajaran pulau eksotik ini. Disini, Anda bisa menyenangkan si kecil.

Pantai di pulau Pahawang Kecil ini aman untuk anak-anak karena obkanya lebih tenang dan pantainya dangkal. Perjalanan dari Pahawang Besar ke Pahawang kecil hanya 10 menit saja.

4. Menginap di Pahawang Besar Untuk Menjelajah Lebih Puas.

Mengunjungi pulau-pulau di kawasan Punduh Pidada ini memang tak akan puas jika hanya sehari.

Jadi akan sangat baik jika Anda memutuskan menginap di Pulau Pahawang. Selain bisa melepas lelah, Anda akan lebih puas menikmati keindahan alam.

Untuk urusan penginalan jangan khawatir. Di Pahawang Besar ada 15 Homestay dan 10 cottage yang bisa Anda sewa untuk menginap.

Kalaupun Anda tidak ingin menginap dengan biaya mahal, Anda bisa camping di Pulau Pahawang. Bawalah perlengkapan camping secukupnya.

Tarif Masuk dan Biaya Lainnya

Anda tidak perlu bayar untuk tarif masuk ke Pulau Pahawang. Tapi di tengah laut ada semacam pungutan biaya sebesar Rp.20.000 per perahu untuk kebersihan laut.

Saat masuk ke pantai, Anda juga perlu membayar lagi sebesar Rp.20.000 per perahu untuk biaya kebersihan pantai. Jika Anda ingin bersantai di pondokan pantai, harga sewanya Rp.30.000,-

Itulah beberapa hal penting jika Anda minat berkunjung ke Pulau Pahawang dan sekitarnya. Sebagai tips, berwisata dengan rombongan akan lebih menghemat pengeluaran.

Karena biaya pungutan akan jadi tanggungan bersama. Suasana camping jika Anda tidak menyewa Homestay juga lebih seru. Jangan lupa untuk ,membawa bekal makanan dan minuman secukupnya.

Soalnya tak ada warung nasi di Pulau Pahawang Pesawaran Lampung ini. Hanya ada mie rebus dan makanan ringan.

Kecuali saat di dermaga Pulau Pahawang Besar, Anda masih bisa memesan makanan kepada penduduk setempat. Selamat berwisata ke Lampung.

Baca Juga Artikel Lainnya: