Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda

2 min read

Asyiknya Berendam di Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda, Wisata Sambil Menikmati Manfaat Belerang – Lokasi wisata Lampung satu ini sudah lama terkenal dan menjadi destinasi wisata warga Lampung. Pemandian Air Panas Way Belerang di Kalianda.

Selain mandi air hangat, Anda sekaligus mandi air belerang yang berkhasiat untuk kesehatan kulit. Menghilangkan gatal-gatal maupun jamur. Wisata satu ini murah meriah nggak pakai mahal.

Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda

Lokasi wisata ini merupakan tempat pemandian air panas yang sumber airnya dari air belerang yang memancar dari bawah kolam.

Selain itu ada sumber air lainnya yang mengucur langsung dari Gunung Rajabasa Kalianda Lampung Selatan. Suasana di tempat ini sejuk dan banyak pohon-pohon  yang besar.

Sementara air mengalir dari gunung Rajabasa merupakan air yang masih benar-benar murni. Tentunya sangat menyegarkan.

Karena sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata Lampung, berwisata ke Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda ini sangat nyaman dan layak Anda kunjungi bersama keluarga.

Lokasi wisata Pemandian Way Belerang

Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda

Lokasi wisata Pemandian Way Belerang berada di Desa Sumur Kumbang, Kalianda, Lampung Selatan, Lampung.

Dari Bandar Lampung berjarak sekitar 67 Km dan bisa dijangkau dalam 2 jam perjalanan. Sementara dari Bakauheni berjarak sekitar 30.9 Km dan dapat dijangkau dalam waktu 50 menit.

Rute perjalanan menuju ke Pemandian Way Belerang Kalianda bisa Anda ikuti dengan mudah karena mengikuti Jalan Lintas Sumatera dan Jalan Soekarno-Hatta menuju Kota Kalianda.

Sampai simpang Kota Kalianda, dari arah Bandar Lampung Anda belok ke kanan menuju Kantor Bupati Lampung Selatan.

Dari persimpangan ini menuju ke lokasi sekitar 5 Km saja dan dengan akses jalan yang halus beraspal.

Bisa juga Anda belok kanan di persimpangan Jalan Raden Intan, menuju ke jalan Lubuk Timbangan lalu ke Jalan Way Belerang.

Cobalah tanyakan ke warga sekitar, maka mereka akan dengan senang hati mengarahkan Anda ke lokasi.

Sementara dari arah Bakauheni, Anda tinggal mengikuti saja jalan Lintas Sumatera menuju Kalianda.

Sampai di gang dengna gapura kecil bertuliskan ‘Selamat Datang di Desa Negeri Pandan’ belok ke kiri ke gang dan tembus ke jalan Kedaton, lalu belok kanan mengikuti jalan kedaton – jl. Kecapi –Jl. Kesugihan – Jl. Sumur Kumbang dan lokasi tepatnya silakan tanyak ke warga sekitar.

Tiket atau Tarif Masuk ke Pemandian Way Belerang Kalianda

Tiket atau tarif masuk ke pemandian Way Belerang Kalianda ini adalah Rp10.000 perorang. Itu sudah termasuk asuransi jiwa.

Untuk yang membawa kendaraan, Anda kena biaya parkir dengan Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk minibus, dan Rp10.000 bagi rombongan bus besar.

Untuk masuk ke kolam pemandian air tawar untuk bilas, Anda harus keluar biaya lagi sebesar Rp5.000.

Jika berminat, beli juga sabun belerang yang ditawarkan ketika Anda masuk ke lokasi pemandian Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda seharga Rp1.000.

Fasilitas dan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Pemandian Air Panas Way Belerang

Kegiatan utama tentu Anda bisa menikmati sensasi mandi air panas hangat di sini. Plus mengobati gatal-gatal di kulit, juga mendapat berbagai manfaat belerang yang lainnya.

Kolam Pemandian Air Panas

Suasana kolam di pemandian ini seperti umumnya kolam renang komersil. Yang membedakan, bagian lantainya berisi batu bulat kecil-kecil. Kedalaman kolam juga berundak.

Sehingga Anda bisa berendam sambil duduk di dalam kolam. Ada dua kolam pemandian di sini.

Bagian bawah dan atas. Kolam sebelah atas berwarna lebih pekat dengan bau belerang yang menyengat.

Dalamnya sekitar 1 meter dan ada pancuran air panas bersuhu antara 50-600C. Sumber air pancuran ini langsung dari gunung.

Kolam kedua atau bagian bawah warna airnya lebih jerni dengan kedalaman 1,5 m dan lebih luas. Di kola mini sumber airnya muncul dari bagian bawah kolam.

Sehingga jika Anda berendam atau berenang mendekat kea rah sumber maka rasanya lebih panas.

Selain air belerang yang panas, di luar kolam pemandian ada parit yang mengalirkan air belerang dingin. Warnanya jernih dan suhunya sudah dingin.

Pondokan Tempat Bersantai

Ada sebuah pondokan di pemandian ini yang berukuran 2×2 meter. Anda bisa meletakan barang bawaan di pondokan ini.

Kamar Mandi Bilas

Ada bilik-bilik tempat bilas yang bisa dimanfaatkan setelah mandi air belerang. Tempatnya nyaman dan privasi aman karena antara pria wanita terpisah. Setiap biliknya tersedia air tawar yang segar.Taman Bermain

Arena Bermain di Pemandian air panas Way Belerang.

Tidak hanya berisi pemandian, di lokasi wisata ini tersedia jug ataman bermain. Cocok untuk Anda yang berekreasi bersama keluarga dengan membawa si kecil. Ada kolam renang air tawar, flying fox, bahkan dinding panjat.

Spot penjual Kelapa Muda atau Dugan party/ degan di Pemandian Air Panas Way Belerang, Kalianda .

Fasilitas lain yang mendukung seperti balai pertemuan, kantin, lapak penjual kelapa muda, penyewaan delman juga ada.

Semakin lengkap dengan fasilitas pertunjukan terbuka di taman. Berbagai penjual makanan juga siap memenuhi kebutuhan perut Anda usai berenang dan bermain.

Nah, sudah siap berwisata ke Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda? Dengan ulasan singkat ini semoga menggugah selera wisata Anda. Selamat menjelajah keindahan pariwisata di Lampung. Tabik pun …

Baca Juga Artikel Lainnya: