Taman Batu Granit dan Gunung Batu Srikaton

Posted on

Taman Batu Granit dan Gunung Batu Srikaton, Tanjung Bintang Lampung – Taman wisata yang satu ini juga sedang ngetren di Lampung. Meski dulu sering terjadi aksi kriminal, namun semakin hari semakin banyak orang yang berkunjung.

Hamparan batu-batu granit besar, bahkan ada yang sebesar rumah merupakan spot menarik untuk menikmati pemandangan hijaunya alam sekitar dan berfoto.

Bahkan ada dua taman batu granit di Tanjung Bintang ini, yaitu Taman Batu Granit dan Gunung Batu Srikaton. Dua-duanya sama-sama bagus dan sayang untuk dilewatkan. Kali ini kita akan ulas keduanya dengan seksama.

Taman Batu Granit

Di kedua lokasi ini Anda bisa menyaksikan hamparan batu-batu granit tersusun rapi secara alami. Hebatnya, batu granit yang tersusun itu terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia sedikitpun.

Ukurannya pun besar-besar. Enaknya lagi, untuk naik ke puncak batu terbesar sekalipun, Anda tak perlu bantuan alat pemanjat.

Soalnya, batu-batu yang tersusun rapi akan memudahkan Anda mendaki dari batu ke batu menuju puncak batu granit yang Anda inginkan.

Kedua lokasi taman batu granit ini berdekatan. Rute perjalanannya pun hampir sama. Makanya kami jadikan satu bahasan.

Untuk Taman Batu Granit, lokasinya di Desa Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Sedangkan Gunung Batu Srikaton terletak di Desa Trimulyo, Kecamatan Tanjung Bintang. Lebih detailnya lihat map.

Untuk rute menuju Gunung Batu Srikaton, dari Bandar Lampung adalah Dari Tugu Adipura Bandar Lampung Anda bisa memilih 2 rute. Jaraknya sekitar 31 Km dan butuh waktu 1 jam perjalanan.

Taman Batu Granit dan Gunung Batu

Pertama, melalui Jl. Putri Balau – Jl. Yudistira – Jl. Amd – Masuk Jalan Bypass ke arah Panjang – masuk jalan Ir Sutami.

Setelah itu beloklah ke kanan di pertigaan depan Coca Cola Lampung  dan selanjutnya menuju Pasar Tanjung Bintang.

Ketika sampai di Tugu KB Tanjung Bintang Anda belok ke kanan, lalu 10 menit kemudian Anda akan melihat plang Wisata Gunung Batu Srikaton.

Pilihan rute kedua adalah melewati jalan Antasari – Jalan P. Tirtayasa – Jalan Ir Sutami. Setelah sampai pertigaan Coca Cola, ambil arah belok kanan untuk selanjutnya menuju Pasar Tanjung Bintang.

Sampai di Tugu KB Tanjung Bintang ambil arah belok kanan lalu segera Anda lihat plang Wisata Gunung Batu Srikaton. Detailnya lihat peta:

Untuk rute menuju ke Taman Batu Granit Tanjung Bintang dari Bandar Lampung dari Tugu Adipura ambil arah barat ke Jl. Jendral Sudirman – di perempatan ambil arah kiri ke Jl. Gajah Mada – Jl.

Batu Granit

Pangeran Antasari – lurus masuk ke Jl. P. Tirtayasa. Terus ikuti jalan sampai pertigaan Jl. Ir. Sutami Anda ambil arah kiri dan masuk ke Jl. Ir. Sutami. Sampai Candipuro sebelum warung sate Mbah Nasir ada perempatan menyimpang, ambillah ke kanan masuk ke Jl. Raya Candipuro Bandar Lampung Raya.

Sampai di pertemuan dengan jalan Jati Indah, Anda terus ikuti Jl. Raya Candipuro. Dan tak lama Anda telah masuk ke perkebunan karet lokasi Taman Batu Granit.

Baik di Taman Batu Granit maupun di Gunung Batu Srikaton, Anda hanya ditarik biaya parkir antara Rp.5.000Rp.10.000 saja. Setelah itu Anda bisa puas berfoto ria.

Keindahan Taman Batu Granit dan Gunung Batu Srikaton,. Dari Batu Raksasa Hingga Sunset Yang Menggoda.

Unik, indah dan sejuk. Itulah yang akan Anda rasakan saat berada di kedua lokasi wisata tersebut. Baik Taman Batu Granit maupun Gunung batu Srikaton memiliki batu granit raksasa, beberapa diantaranya terjal dan tinggi. Ada yang besarnya seukuran rumah tipe 21.

Selain berfoto di atas batu-batu raksasa, kebun karet yang hijau juga tak kalah menarik untuk spot foto. Hanya saja Anda sebaiknya bawa perbekalan makanan dan minuman sendiri karena tak ada penjual makanan di sekitar kebun karet.

Jika Anda bisa bertahan sampai senja, menikmati sunset dari puncak batu granit juga sangat indah. Ada sebagian wisatawan yang berani menunggu sampai senja, sempat mengabadikan momen sunset yang mempesona. Hanya saja risikonya Anda pulang bisa kemalaman di hutan karet yang gelap.

Batu Granit dan Gunung Batu

Bagaimana? Yakin nggak ingin punya koleksi seperti mereka? Nah, sebaiknya Anda berkunjung ke kedua lokasi taman batu tersebut dengan berombongan. Jangan sendirian atau hanya berduaan.

Suasana yang sepi di tengah hutan kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Kalaupun tidak ada penjahat, mungkin juga banyak setan kalau Anda cuma berduaan. Hehehe…

Disarankan pula agar Anda memilih waktu berkunjung pagi hingga siang hari. Jangan sampai kemalaman di tengah hutan.

Selain itu, terapkan prinsip Jangan Ambil apapun selain foto, dan jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki.

Jangan sampai tangan Anda gatal ikutan coret-coret di batu seperti ulah mereka yang meninggalkan jejak ini.

Nah itulah beberapa hal penting tentang Taman Batu Granit dan Gunung Batu Srikaton di Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Lampung. Silakan berkunjung dan berburu foto. Jagalah kebersihan dan kelestarian. Selamat berlibur !!